Friday, April 20, 2018

IKAN, MENANGKAP IKAN


IKAN, MENANGKAP IKAN

          I. Jenis-jenis ikan dan sumbernya

          Istilah umum Ibrani untuk makhluk air ialah dag dan daga. Menurut Taurat Musa (#/TB Im 11:9-12*, #/TB Ul 14:9-10*), binatang bersirip dan bersisik adalah tahir, tapi yg tidak mempunyai sirip dan sisik (ump ikan kerang) adalah najis. Makhluk yg menelan Yunus disebut ikan besar, demikian #/TB Yun 1:17*; dalam #/TB Mat 12:40* ikan saja (Yunani ketos, makhluk yg besar). Menurut Tobit 6:2 seekor ikan besar di S Tigris mengancam hendak menelan Tobias. Dalam #/TB Mat 13:48* nelayan-nelayan dalam perumpamaan tentang pukat, membuang sejumlah ikan karena tidak baik (terlalu kecil, tak dapat dimakan, atau najis). Ikan, yg di dalam mulutnya didapati Petrus mata uang 4 dirham (#/TB Mat 17:27*), harus mempunyai mulut yg besar seperti ikan Danau Galilea yg disebut Chromis simonis, mengikuti nama Simon Petrus. Sebagai tambahan kepada kata Yunani umum untuk ikan, ikhthus, PB memakai kata pengecil ikhthudion (ikan kecil, #/TB Mat 15:34*; #/TB Mr 8:7*) dan opsarion, ikan kecil yg dimakan bersama rod (#/TB Yoh 6:11; 21:9*). Di Danau Galilea sekarang ini terdapat paling sedikit 24 jenis ikan, kadang-kadang dalam rombongan besar.

          ==> Image 00094


          Alkitab menyebut negeri Mesir penuh ikan (#/TB Bil 11:5*), Danau Galilea (#/TB Luk 5:6*) Tirus (#/TB Neh 13:16*) dicatat sebagai sumber ikan dalam jumlah besar. Ikan tidak hidup di air asin Laut Mati, tapi #/TB Yeh 47:10* mempralihat bahwa danau ini akan dipenuhi dengan ikan sebagai pertanda dari berkat dalam kerajaan kemuliaan Allah.

          II. Nelayan dan cara menangkap ikan

          Profesi nelayan menuntut tubuh yg tegap (#/TB Luk 5:2*), dan bahasa pergaulan mereka kadang-kadang agak kasar (#/TB Mr 14:70* dab). Paling sedikit 7 dari murid Yesus adalah nelayan, yaitu Petrus, Andreas, mungkin juga Filipus yg berasal dari Betsaida di tepi Danau Galilea, Yakobus, Yohanes, Tomas dan Natanael (#/TB Mat 4:18,21*; #/TB Yoh 1:44; 21:2*). Beberapa dari mereka merupakan tim sekerja dan sudah biasa bekerja sama (#/TB Luk 5:7,10*).

          Dalam Alkitab disebut menangkap ikan dengan serampang atau tempuling (#/TB Ayub 41:7* untuk buaya), kail (#/TB Ayub 41:1*; #/TB Yes 19:8*; #/TB Mat 17:27*), jala (#/TB Mat 4:18*) dan pukat, yg lebih besar (#/TB Mat 13:47*). Di Danau Galilea nelayan memakai perahu kecil yg digerakkan dengan dayung (#/TB Yoh 6:19*). Pernyataan adanya angin sakal dalam #/TB Mat 14:24* bisa mengisyaratkan pemakaian layar seperti sekarang ini di danau itu. Di Danau Galilea menangkap ikan biasanya malam hari (#/TB Luk 5:5*; #/TB Yoh 21:3*). Siang hari nelayan bisa menebar jala dari darat atau dari dalam air setinggi lutut (#/TB Mat 4:18*). Pukat diturunkan oleh beberapa orang dari perahu (#/TB Luk 5:4*). Ikan yg ditangkap dimasukkan ke dalam perahu (#/TB Luk 5:7*), atau pukat diseret ke pantai (#/TB Mat 13:48*; #/TB Yoh 21:8*), lalu ikan tangkapan dipisah-pisah. Yg dapat dijual ditaruh dalam keranjang, yg tak berguna dibuang saja (#/TB Mat 13:48*).

          III. Pemasaran dan penyediaan

          Di Yerusalem ada Pintu Gerbang Ikan, barangkali di wilayah utara kota itu. Melalui pintu ini para pedagang ikan memasuki kota untuk menjual ikannya kepada masyarakat (#/TB Zef 1:10*). Dari #/TB Neh 13:16* kita tahu bahwa pedagang ikan Tirus tinggal di Yerusalem sesudah Pembuangan. Pada zaman Alkitab cara biasa menyediakan ikan untuk dimakan ialah memanggangnya (#/TB Yoh 21:9*), di asin dan di jemur. Ikan yg dijual orang-orang Tirus di Yerusalem dan ikan-ikan kecil yg dibagi-bagikan pada mujizat pemberian makan 5.000 orang dan 4.000 orang (#/TB Mat 14:17; 15:36*) mungkin disediakan dengan cara menjemurnya. IV. Ibadah kepada ikanUl #/TB Mat 4:18* melarang membuat patung-patung ikan untuk disembah atau beribadah kepadanya. Atargatis, yaitu dewa ikan betina bangsa kafir disembah di Askalon dan oleh orang Nabatea. Dewa Oksirhunkos disembah di daerah Mesir yg disebut menurut ikan itu.

          V. Pemakaian secara kiasan dan lambang

          Dalam Alkitab menangkap ikan dipakai sebagai kiasan hukuman Allah atas bangsa-bangsa atau perseorangan (mis #/TB Yer 16:16*; #/TB Yeh 32:3*). Yesus menugasi para murid-Nya menjadi penjala manusia (#/TB Mat 4:19*). Kerajaan Sorga diumpamakan sebagai pukat (#/TB Mat 13:47*). Ikan adalah salah satu lambang kesenian Kristen yg tertua, sebab aksara Yunani ikhthus diterima sebagai akrostik untuk Iesous Khristos Theou Huios Soter, artinya, Yesus Kristus Anak Allah, Juruselamat. Lih F. J. Dolger, IXOUE, 1910-1943.

          ==> Image 00095


       KEPUSTAKAAN  G Dalman, Arbeit and Sitte 6, 1939, hlm 343-370; G. S Cansdale, Animals of Bible Lands, 1970; J. D M Derrett, ‘Peter’s Penny’ dalam Law in the New Testament, 1970, hlm 247-265. .

No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...