IKAN, MENANGKAP IKAN
I.
Jenis-jenis ikan dan sumbernya
Istilah umum
Ibrani untuk makhluk air ialah dag dan daga. Menurut Taurat Musa (#/TB Im
11:9-12*, #/TB Ul 14:9-10*), binatang bersirip dan bersisik adalah tahir, tapi
yg tidak mempunyai sirip dan sisik (ump ikan kerang) adalah najis. Makhluk yg
menelan Yunus disebut ikan besar, demikian #/TB Yun 1:17*; dalam #/TB Mat
12:40* ikan saja (Yunani ketos, makhluk yg besar). Menurut Tobit 6:2 seekor
ikan besar di S Tigris mengancam hendak menelan Tobias. Dalam #/TB Mat 13:48*
nelayan-nelayan dalam perumpamaan tentang pukat, membuang sejumlah ikan karena
tidak baik (terlalu kecil, tak dapat dimakan, atau najis). Ikan, yg di dalam
mulutnya didapati Petrus mata uang 4 dirham (#/TB Mat 17:27*), harus mempunyai
mulut yg besar seperti ikan Danau Galilea yg disebut Chromis simonis, mengikuti
nama Simon Petrus. Sebagai tambahan kepada kata Yunani umum untuk ikan,
ikhthus, PB memakai kata pengecil ikhthudion (ikan kecil, #/TB Mat 15:34*; #/TB
Mr 8:7*) dan opsarion, ikan kecil yg dimakan bersama rod (#/TB Yoh 6:11;
21:9*). Di Danau Galilea sekarang ini terdapat paling sedikit 24 jenis ikan,
kadang-kadang dalam rombongan besar.
==> Image 00094
Alkitab
menyebut negeri Mesir penuh ikan (#/TB Bil 11:5*), Danau Galilea (#/TB Luk
5:6*) Tirus (#/TB Neh 13:16*) dicatat sebagai sumber ikan dalam jumlah besar.
Ikan tidak hidup di air asin Laut Mati, tapi #/TB Yeh 47:10* mempralihat bahwa
danau ini akan dipenuhi dengan ikan sebagai pertanda dari berkat dalam kerajaan
kemuliaan Allah.
II. Nelayan
dan cara menangkap ikan
Profesi
nelayan menuntut tubuh yg tegap (#/TB Luk 5:2*), dan bahasa pergaulan mereka
kadang-kadang agak kasar (#/TB Mr 14:70* dab). Paling sedikit 7 dari murid
Yesus adalah nelayan, yaitu Petrus, Andreas, mungkin juga Filipus yg berasal
dari Betsaida di tepi Danau Galilea, Yakobus, Yohanes, Tomas dan Natanael (#/TB
Mat 4:18,21*; #/TB Yoh 1:44; 21:2*). Beberapa dari mereka merupakan tim sekerja
dan sudah biasa bekerja sama (#/TB Luk 5:7,10*).
Dalam Alkitab disebut menangkap ikan dengan
serampang atau tempuling (#/TB Ayub 41:7* untuk buaya), kail (#/TB Ayub 41:1*;
#/TB Yes 19:8*; #/TB Mat 17:27*), jala (#/TB Mat 4:18*) dan pukat, yg lebih
besar (#/TB Mat 13:47*). Di Danau Galilea nelayan memakai perahu kecil yg
digerakkan dengan dayung (#/TB Yoh 6:19*). Pernyataan adanya angin sakal dalam
#/TB Mat 14:24* bisa mengisyaratkan pemakaian layar seperti sekarang ini di
danau itu. Di Danau Galilea menangkap ikan biasanya malam hari (#/TB Luk 5:5*;
#/TB Yoh 21:3*). Siang hari nelayan bisa menebar jala dari darat atau dari
dalam air setinggi lutut (#/TB Mat 4:18*). Pukat diturunkan oleh beberapa orang
dari perahu (#/TB Luk 5:4*). Ikan yg ditangkap dimasukkan ke dalam perahu (#/TB
Luk 5:7*), atau pukat diseret ke pantai (#/TB Mat 13:48*; #/TB Yoh 21:8*), lalu
ikan tangkapan dipisah-pisah. Yg dapat dijual ditaruh dalam keranjang, yg tak
berguna dibuang saja (#/TB Mat 13:48*).
III.
Pemasaran dan penyediaan
Di Yerusalem
ada Pintu Gerbang Ikan, barangkali di wilayah utara kota itu. Melalui pintu ini
para pedagang ikan memasuki kota untuk menjual ikannya kepada masyarakat (#/TB
Zef 1:10*). Dari #/TB Neh 13:16* kita tahu bahwa pedagang ikan Tirus tinggal di
Yerusalem sesudah Pembuangan. Pada zaman Alkitab cara biasa menyediakan ikan
untuk dimakan ialah memanggangnya (#/TB Yoh 21:9*), di asin dan di jemur. Ikan
yg dijual orang-orang Tirus di Yerusalem dan ikan-ikan kecil yg dibagi-bagikan
pada mujizat pemberian makan 5.000 orang dan 4.000 orang (#/TB Mat 14:17;
15:36*) mungkin disediakan dengan cara menjemurnya. IV. Ibadah kepada ikanUl
#/TB Mat 4:18* melarang membuat patung-patung ikan untuk disembah atau
beribadah kepadanya. Atargatis, yaitu dewa ikan betina bangsa kafir disembah di
Askalon dan oleh orang Nabatea. Dewa Oksirhunkos disembah di daerah Mesir yg
disebut menurut ikan itu.
V. Pemakaian
secara kiasan dan lambang
Dalam
Alkitab menangkap ikan dipakai sebagai kiasan hukuman Allah atas bangsa-bangsa
atau perseorangan (mis #/TB Yer 16:16*; #/TB Yeh 32:3*). Yesus menugasi para
murid-Nya menjadi penjala manusia (#/TB Mat 4:19*). Kerajaan Sorga diumpamakan
sebagai pukat (#/TB Mat 13:47*). Ikan adalah salah satu lambang kesenian
Kristen yg tertua, sebab aksara Yunani ikhthus diterima sebagai akrostik untuk
Iesous Khristos Theou Huios Soter, artinya, Yesus Kristus Anak Allah,
Juruselamat. Lih F. J. Dolger, IXOUE, 1910-1943.
==> Image 00095
KEPUSTAKAAN G
Dalman, Arbeit and Sitte 6, 1939, hlm 343-370; G. S Cansdale, Animals of Bible
Lands, 1970; J. D M Derrett, ‘Peter’s Penny’ dalam Law in the New Testament,
1970, hlm 247-265. .
No comments:
Post a Comment