KEMURAHAN ALLAH.
Sikap Allah
terhadap manusia penuh kasih sayang, yg antara lain berarti Dia suka berbuat
baik dan memberikan yg baik kepada manusia. Sifat ini disebut kemurahan-Nya
(ump, TB Mazm 23:6). Manusia patut bermurah hati, dan Allah akan mengganjarnya
dengan kemurahan yg sama (#/TB Mat 5:7).
Dalam bh
Ibrani dan Yunani beberapa kata menekankan segi-segi khas dari kasih
sayang Allah, tapi sulit membeda-bedakannya. Dalam bh Indonesia kasih, kasih
mesra, kasih karunia, kasih sayang dan kasih setia tidak jauh berbeda artinya.
Kemurahan dapat ditambahkan pada kelompok ini. Kata ini adalah padanan dari:
1. khesed,
biasanya diterjemahkan KASIH SETIA. TB
Kej 19:19; TB Mazm 23:6; 107:43*; #/TB Ams 11:17. Khen, biasanya diterjemahkan KASIH
KARUNIA. TB Mazm 45:2; TB Kel 3:21. ‘Anawa,
TB Mazm 18:35* saja. Allah sebagai Hakim tidak menuntut sepenuhnya apa yg
dituntut Taurat. Dengan demikian Ia mengangkat orang, yg seandainya Ia tidak
berbuat demikian, maka akan binasa karena kutuk Taurat itu.
4. Noam, TB Mazm 27:4; TB Za 11:.
Dalam TB Ams 16:24 kata ini diterjemahkan ‘yg menyenangkan’, artinya sifat yg
karena memilikinya seseorang patut dipuji.
5. Ratson, TB Mazm 30:5; 106:4. Juga
diterjemahkan ‘berkenan’.
6. Eleeo, TB Rom 11:30,32; oiktirmos, Rom 12:1. Sama artinya,
diterjemahkan juga KASIH KARUNIA.
7. Krestotes, TB Kol 3:12; TB Tit
3:4, kasih karunia Allah yg timbul dari kemurahan hati-Nya. BAIK, KEBAIKAN.
8. Haplotes, TB 2Kor 8:2; 9:13*; TB
Yak 1:5. Suka memberi dan tidak pelit.
9. Epikeia, TB Kis 24:4. Dalam TB 2Kor
10:1 diterjemahkan ‘ramah’. RAMAH,
KERAMAHAN. 10. Agathos, kata
biasa untuk ‘baik hati’. Diterjemahkan ‘murah hati’ dalam TB Mat 20:15.
No comments:
Post a Comment