Saturday, December 23, 2017

YESUS KRISTUS, RIWAYAT HIDUP




YESUS KRISTUS, RIWAYAT HIDUP

 BAB I
LAHIR, KELAHIRAN DARI ANAK DARA
       Yg dimaksudkan oleh golongan Protestan dengan ‘lahir dari anak dara Maria’ ialah ‘dikandung oleh anak dara (Maria)’. Golongan Katolik mempercayai dua hal, yaitu ‘dikandung oleh anak dara (Maria)’ dan ‘dilahirkan secara mujizat oleh anak dara (Maria)’. Maksudnya, bayi Yesus keluar dari rahim Maria dengan suatu cara — sedemikian rupa — sehingga Maria secara medis tetap tinggal dara. Pikiran ini terdapat dalam Protevangelium of James (bg akhir abad 2) dan menjadi ajaran resmi sebagai bagian dari ide yg mengatakan bahwa Maria tetap dara untuk selamanya.
       Pemikiran itu perlu diuji dengan kutipan Lukas, ‘Semua anak laki-laki sulung’, (#/TB Luk 2:23*) yg arti harfiahnya ialah ‘yg pertama merobek rahim ibu’. Juga perlu diuji dengan ucapan Matius, bahwa Yusuf ‘tidak bersetubuh dengan dia sampai ia melahirkan anaknya laki-laki… Yesus’ (#/TB Luk 1:25*), yg agaknya membatalkan pandangan, bahwa Yusuf dan Maria selanjutnya menahan diri dari persetubuhan pernikahan yg biasa. Dalam pokok ini ‘lahir dari anak dara (Maria)’ dipakai sebagai padanan untuk ‘dikandung oleh anak dara (Maria)’.
       Kedua berita tentang kelahiran Yesus dalam Mat dan Luk jelas terpisah satu dari yg lain. Dan keduanya mencatat bahwa Yesus lahir melalui pekerjaan langsung Roh Kudus tanpa seorang bapak manusia (#/TB Mat 1:18-25*; #/TB Luk 1:34*). Andai bukan karena mujizat yg terkandung di dalamnya, setiap orang akan menerima berita itu sebagai berita biasa.
       Masih ada lagi bukti dalam kitab PB lainnya yg menopang kutipan Lukas dan ucapan Matius itu. Walaupun seseorang tidak senantiasa mengatakan langsung apa yg dipercayainya, namun imannya terungkap melalui perubahan ungkapan yg dipakainya. Maka berita kelahiran alpa dalam Mrk, karena kitab itu mulai di mana pengkhotbah-pengkhotbah Kis mulai, yakni pembaptisan oleh Yohanes. Namun dalam #/TB Luk 6:3* hanya Mrk dari Kitab-kitab Sinoptik yg mengutip para penentang yg mengatakan, ‘Bukankah Ia ini tukang kayu, anak Maria…?’ Tapi sebaliknya #/TB Mat 13:55* berkata ‘anak tukang kayu’, dan #/TB Luk 4:22* berkata ‘anak Yusuf’.
       Injil Yoh juga memulai cerita pelayanan Kristus di bumi ini dengan Yohanes Pembaptis. Kemudian menyusul desas-desus yg mengatakan bahwa kelahiran Yesus adalah haram, seperti terungkap dalam #/TB Luk 8:41*, ‘Kami (menekankan kata ganti diri dan kedudukan) tidak dilahirkan dari zinah’. Ada juga bacaan yg diterima oleh beberapa penulis Kristen sejak Tertulianus, dan oleh Douglas Edwards dalam bukunya The Virgin Birth in History and Faith, tapi tetap kurang meyakinkan. Bacaan ini terdapat dalam naskah Latin Verona, mengenai #/TB Yoh 1:13*, yg mempunyai bentuk tunggal, ‘orang yg diperanakkan bukan dari darah, bukan pula secara jasmani, melainkan dari Allah’. (Tak ada naskah Yunani yg berkaitan dgn bacaan ini.)
       Paulus, teman Lukas, memakai bahasa yg mengandung pengakuan akan kelahiran dari anak dara. Jika membicarakan kedatangan, yaitu kelahiran Yesus Kristus, Paulus memakai kata kerja umum, yaitu ginomai, bukan gennao; kata yg terakhir ini cenderung mengaitkan peranan suami (ump #/TB Rom 1:3*; #/TB Fili 2:7*). Hal ini khas ditunjukkan dalam #/TB Gal 4:4*, ‘Allah mengutus AnakNya, yg lahir (genomenon) dari seorang perempuan’. Sebaliknya dalam #/TB Gal 4:23* Ismael ‘diperanakkan’, gegennetai (dari gennao).
       Tafsiran yg sehat atas #/TB 1Kor 15:45-48* ialah melihat Adam dan Kristus datang secara mujizat dari tangan Allah. Ireneus menghubungkannya dengan kelahiran dari anak dara.
       Mendiamkan ihwal kelahiran dari anak data, pada satu sisi bisa saja dimaksudkan untuk menjaga nama baik Maria dari pergunjingan. Lagipula jarang sekali pengkhotbah masa kini menyinggung kelahiran dari anak data dalam khotbah-khotbah mereka, kendati mereka sering membicarakan inkarnasi Kristus. Sesudah thn 100 M kelahiran dari anak dara diterima oleh Ignatius, Aristides, Justinus, Ireneus (lih di atas) dan yg lain-lain.
       Sekalipun beberapa ahli meminta perhatian kepada variasi-variasi dalam beberapa naskah, yg kurang mendapat dukungan, tapi tidak satu pun dari variasi itu yg menghilangkan uraian tentang fakta kelahiran dari anak data.
       Secara teologis pernah dipersoalkan bahwa alasan untuk memberikan gelar ‘Anak Allah’ dalam #/TB Luk 1:35*, tak dapat dicocokkan dengan pengertian Anak Allah yang Kekal dalam Surat-surat Kiriman. Pemikiran ini didasarkan pada anggapan, bahwa kepada Maria dan Yusuf telah diberikan pernyataan teologis seutuhnya. Anggapan demikian tidak beralasan. Kedua catatan itu menyajikan isi dari berita yg diberitakan kepada mereka, yaitu Maria akan menjadi ibu dari Mesias yg dijanjikan, Anak Allah dan ‘Allah menyertai kita’. Kenyataan bahwa Matius dan Lukas di sini tidak merujuk kepada teologi pada masa kemudian, menjadi bukti bagi keaslian berita-berita mereka.
       Pertimbangan-pertimbangan genetika — proses terjadinya manusia dalam rahim — dapat digunakan namun hati-hati, untuk menunjukkan bahwa inkarnasi Yesus mengharuskan adanya kelahiran dari anak dara. Jika jabang bayi yg hadir di kandungan Maria adalah hasil dari perbuatan Yusuf dan Maria, maka dari awal telah terjadi seorang manusia yg secara potensi utuh. Allah tidak dapat menjadi manusia demikian, tapi dapat melalui cara tertentu memilih untuk meleburkan diriNya dengan manusia tadi (demikian ajaran Nestorius), atau, Allah harus merasa puas dengan memenuhi manusia tadi itu secara rohani, seperti Roh Kudus memenuhi orang-orang kudus zaman kuno.
       Tak satu pun dari pikiran ini yg cocok dengan catatan Alkitab. Justru kelahiran dari anak dara itu baiklah dinalar dengan taat asas kepada data-data sesuai catatan Alkitab.

       KEPUSTAKAAN.
L Sweet, The Birth and Infancy of Jesus Christ, 1906;
J Orr, The Virgin Birth of Christ, 1907;
J. G Machen, The Virgin Birth of Christ, 1930;
D Edwards, The Virgin Birth in History and Faith, 1943;
T Boslooper, The Virgin Birth, 1962;
R. E Brown, The Birth of the Messiah, 1977;
 J Stafford Wright, ‘The Virgin Birth as a Biological Necessity’, FT 95, 1966-1967, hlm 19-29.

BAB II
YESUS KRISTUS, RIWAYAT HIDUP

          I. Kebenaran sejarah
          Fakta sejarah bahwa Kristus pernah hidup di dunia ini tak dapat disangkal. Segenap upaya untuk membuktikan bahwa itu tidak benar selama 200 thn silam gagal total. Kenyataan bukan hanya bahwa seluruh PB disusun berdasarkan Kristus yg benar hidup, tapi lahirnya dan berkembangnya gereja bahkan perjalanan sejarah dunia sejak 19 abad yg lalu, tak dapat diterangkan terlepas dari realitas sejarah tentang Kristus yg hidup, mati dan bangkit kembali.
          Bahwa sumber-sumber data di~ luar Alkitab dari abad pertama sesudah pelayanan Kristus hanya sedikit menyinggung mengenai Dia, hal itu adalah lumrah. Agama Kristen adalah salah satu dari sekian agama yg lahir di negeri timur wilayah dunia Romawi pada kedua abad pertama. Perihal agama itu sedikit sekali yg menarik perhatian para ahli sejarah bangsa-bangsa. Tapi sesudah agama Kristen bertikai dengan negara, agama itu penting disebut terutama pada kurun waktu itu, dan penulis-penulis non-Kristen pertama yg menyinggungnya berkaitan dengan pertikaian itu menyebut Kristus adalah pendiri Agama Kristen (Tacitus, Annals 15. 44; Suetonius, Claudius 25, Nero 16; Plinius, Epistles 10.96).
          Di luar berita dalam tulisan Yosefus (Ant. 18. 64), yg sangat diragukan dan sudah pasti banyak ditambah dengan sisipan, tak pernah Yesus disebut langsung dalam tulisan-tulisan Yahudi yg non-Kristen pada zaman itu. Penyebabnya ialah rasa permusuhan dap dendam yg selalu timbul jika pemimpin-pemimpin Yahudi zaman itu teringat kepada Yesus. Tapi secara tak langsung ada rujukan kepada Dia dalam tulisan-tulisan rabi terdahulu, yg menyebut Dia orang durhaka di Israel dan yg mempraktikkan sihir, yg mencemooh kata-kata orang bijak, menuntun orang tersesat, datang untuk menambahi hukum Taurat, yg mati digantung pada hari sebelum Hari Raya Paskah orang Yahudi, dan yg murid-murid-Nya menyembuhkan orang sakit dalam namaNya. Kita dapat, mengenal Kristus di belakang gambaran ini.
          Pada abad-abad pertama M tak seorang pun gembong musuh agama Kristen yg menyangkal bahwa Yesus hidup dan mati di Palestina, dan bahwa Dia melakukan mujizat-mujizat — tak menjadi soal, keterangan apa pun yg mereka berikan tentang kekuasaan yg Dia gunakan untuk melakukannya. Dan pada masa kini tak seorang pun ahli sejarah yg obyektif menyangkal fakta sejarah mengenai Kristus. Bukanlah ahli sejarah bila bermain-main dengan khayalan suatu ‘dongeng Kristus’. Tidak hanya kematian-Nya saja, tapi kebangkitan-Nya juga harus dihitung termasuk realitas sejarah yg paling teguh dan sahih.
          II. Sumber-sumber
          Mengenai keterangan terperinci peri kehidupan Kristus, kita mutlak bergantung pada Pa. Seperti sudah dikatakan, tidak banyak yg dapat diharapkan dari penelitian atas kepustakaan Yahudi atau non-Yahudi dari dekade awal tahun M, dan jika kita beralih ke kepustakaan Kristen di luar Alkitab dari zaman yg sama, hanya sedikit yg akan kita dapati di sana yg belum disebut dalam PB. Kebanyakan Injil Apokrifa mencolok sebagai hasil khayalan, sehingga — dengan cara yg bertentangan — membantu untuk membuktikan watak sejarah Injil-injil Kanon, tapi tidak menambah pengetahuan apa pun tentang Tuhan Yesus.
          Berita Injil bukanlah riwayat hidup dalam arti biasa ungkapan itu. Masing-masing penulis keempat Injil mempunyai tujuan khas dalam menulis Injilnya, dan mereka teliti memilih bahan dari data yg tersedia tentang hidup Tuhan Yesus Kristus (*INJIL-INJIL). Kendati banyak beda penekanan peri segi-segi tertentu hidup Yesus, keempat Injil itu memberitakan Kristus yg satu dan sama adalah Tuhan dan Juruselamat, Anak Manusia sejati dan Anak Tunggal Allah.
          Karena keempat Injil bukanlah riwayat hidup biasa, tapi pengumuman kabar baik mengenai Yesus yg adalah Juruselamat dan Tuhan, maka sukar mencari di dalamnya kronologis yg ketat. Pada pihak lain, tujuan agamawi para penulis Injil tidak menyesatkan mereka untuk mengabaikan watak sejarah hidup Yesus. Seperti jelas dinyatakan dalam kata pendahuluan Injil ketiga (*LUKAS), para penulis itu benar-benar menyadari betapa mendesak dan perlunya mengumumkan kebenaran tentang Kristus. Bagi mereka dan sesama mereka yg seiman kepercayaan kepada Kristus adalah soal hidup atau mati. Karena itu mereka tak dapat mengalaskan iman mereka pada takhayul, dongeng atau legenda. Kepercayaan seperti yg dimiliki generasi Kristen pertama menuntut ketaatan mutlak kepada Kristus — bahkan ketaatan mutlak sampai mati. Kepercayaan seperti itu hanya dapat didasarkan pada fakta-fakta yg benar-benar meyakinkan. Lagipula, begitu dekat dan hidup hubungan para penulis Injil dengan banyak saksi mata yg sempat mendengar dan melihat sendiri Tuhan Yesus, sehingga para penulis itu mempunyai kesempatan yg khas luar biasa untuk memperoleh bukti-bukti nyata dan sah. Disamping itu, karena fakta-fakta historis itu diperoleh dari begitu banyak saksi mata, maka para penulis Injil tidak berani memberikan keterangan-keterangan fiktif.
          Kendati Lukas memasukkan ke dalam Injilnya sebagian besar dari tulisan Markus, dan mungkin Yohanes sudah mengenal baik ketiga Injil pertama, tapi masing-masing keempat Injil itu merupakan sumber yg berdiri sendiri mengenai hidup Tuhan Yesus. Masing-masing menekankan segi tertentu dari hidup dan pelayanan Kristus — yg satu melebihi yg lain, tapi pada dasarnya Kristus yg sama dan yg satu itulah yg kita jumpai dalam keempatnya. Hal itu benar dalam Injil Yoh, seperti dalam Injil-injil Sinoptik. Injil Yoh melengkapi yg lain, dan — sebagai hasil perenungan yg bertahun-tahun dan pemikiran yg lebih matang tentang makna filsafat dan teologi yg lebih dalam peri sejarah Injil — Yohanes lebih memusatkan perhatiannya kepada ajaran Tuhan Yesus mengenai diriNya sebagai Anak Allah. Tapi Yohanes tidak memberitakan Kristus yg lain dari Kristus yg diberitakan oleh ketiga penulis Injil terdahulu (*YOHANES, INJIL).
          Ringkasnya, sumber paling jitu dan paling terpercaya untuk memperoleh informasi tentang hidup Yesus Kristus adalah keempat Injil Kanon. Kendati bagian PB lainnya tidak menambah rincian informasi atas peri kehidupan Yesus yg disajikan dalam Kitab-kitab Injil, penting diperhatikan bahwa Kis, Surat-surat dan Why semuanya disusun berdasarkan fakta bahwa Yesus hidup, mengajar, menderita kematian dan menang atas maut seperti diceritakan oleh Kitab-kitab Injil. Beberapa surat dalam PB ditulis awal thn 50 M (atau sedikit lebih dini), ump 1 dan 2 Tes dan Gal, dan mungkin Yak — ditulis kr 20 thn kemudian dari tanggal penyaliban Kristus. Selanjutnya, mengingat kenyataan bahwa salah seorang penulis PB, yakni Paulus, yg begitu kejinya menganiaya pengikut Kristus, tapi yg bertobat kemudian thn 32 M atau 33 M, juga Surat Yak yg ditulis oleh saudara Tuhan Yesus (*YAKOBUS, SURAT), maka dapatlah kita bayangkan betapa dekatnya hubungan masa hidup Tuhan Yesus di bumi ini (thn 6/4 sM — 30 M) dengan generasi masyarakat Kristen yg pada masa hidup mereka dokumen-dokumen asli PB ditulis.
          Ringkasan yg diberikan Paulus tentang pemberitaan para rasul dalam #/TB 1Kor 15:1-8* penting sekali: ‘Dan sekarang, saudara-saudara, aku mau mengingatkan kamu kepada Injil yg aku beritakan kepadamu dan yg kamu terima, dan yg di dalamnya kamu teguh berdiri. Oleh Injil itu kamu diselamatkan …. Sebab yg sangat penting telah kusampaikan kepadamu, yaitu apa yg telah kuterima sendiri, ialah bahwa Kristus telah mati karena dosa-dosa kita … bahwa Ia telah menampakkan diri kepada Kefas dan kemudian kepada kedua betas murid-Nya. Sesudah itu Ia menampakkan diri kepada lebih dari lima ratus saudara sekaligus; kebanyakan dari mereka masih hidup sampai sekarang, tetapi beberapa di antaranya telah meninggal. Selanjutnya Ia menampakkan diri kepada Yakobus, kemudian kepada semua rasul. Dan yg paling akhir dari semuanya Ia menampakkan diri juga kepadaku, sama seperti kepada anak yg lahir sebelum waktunya.’
          Dalam bagian ini Paulus tidak hanya memberitakan Injil yg satu dan sama dengan yg diberitakan keempat Kitab Injil, tapi ia juga menyatakan betapa dekatnya hubungan gereja Kristen perdana, para rasul dan saksi-saksi mata lainnya dengan hidup Tuhan Yesus. Maka tidaklah mengherankan menjumpai bahwa keempat Kitab Injil, kendati dengan perbedaan-perbedaan penekanan dan keberbagaian perincian informasi, toh keempatnya memberitakan Kristus yg sama yg datang untuk mencari dan menyelamatkan orang yg hilang, Tuhan yg datang dari Allah, yg kepada-Nya telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi (#/TB Mat 11:27; 28:18*; #/TB Mr 1:11; 8:29*; #/TB Luk 1:32,35; 2:11; 9:35; 10:22*; #/TB Yoh 1:1; 20:28*, dll).
          Justru sesudah mengalami kecaman-kecaman tajam dan bertubi-tubi lebih satu abad, sifat kesahihan dan ketegaran keempat Injil kanon untuk dipercayai makin mantap dan teguh dari sebelumnya. Teori — satu demi satu, juga aliran-aliran pemikiran yg sambung-menyambung yg meragukan kesahihan keempat Injil untuk dipercayai, rontok berguguran. Kendati Kitab-kitab Injil memang bungkam tentang banyak rincian perihal hidup Yesus, keempat Injil saling mengukuhkan dan melengkapi, menyajikan semua fakta mengenai Yesus yg perlu kita ketahui, supaya kita mempercayai Dia adalah ‘Mesias, Anak Allah, dan supaya kamu oleh imanmu memperoleh hidup dalam nama-Nya’ (#/TB Yoh 20:31*).
          III. Unik
          Ditinjau dari berbagai sudut hidup Tuhan Yesus adalah unik. Satu dari keunikan itu ialah hidup-Nya adalah kegenapan dari nubuat-nubuat khusus yg dinubuatkan ratusan tahun sebelum kelahiran-Nya. Yesus sendiri, ump, beberapa kali mengatakan kepada murid-murid-Nya bahwa Dia harus menderita, mati dan bangkit dari antara orang mati sesuai Kitab Suci (bnd #/TB Luk 18:31-34*). Sesudah kebangkitan-Nya Ia menjelaskan bahwa hidup-Nya, kematian-Nya dan kebangkitan-Nya menggenapi semua yg tertulis dalam Kitab Suci (#/TB Luk 24:25-27,44-48*).
          Dalam tuturan Petrus, Stefanus dan Paulus yg tertulis dalam Kis dan hampir semua kitab PB, berulang kali diumumkan bahwa hidup, penderitaan, kematian dan kenaikan Tuhan Yesus adalah penggenapan janji janji Allah dalam PL (*MESIAS). Tidak ada satu pun dalam sejarah dunia yg dapat dibandingkan dengan ketepatan fakta, bahwa ratusan tahun sebelum Yesus lahir banyak hal mengenai Dia — bahkan tempat kelahiran-Nya (#/TB Mi 5:3*) — sudah dipraucapkan dan dicatat dalam Kitab-kitab PL. Dan ditinjau dari berbagai sudut — mulai dari Ia dikandung secara supraalami sampai peristiwa kenaikan-Nya ke sorga — hidupNya adalah khas unik. Hanya di dalam hidup Dia nampak kepada kita Allah menjadi manusia. Sementara hidup semua pendiri agama lainnya mengungkapkan kepada kita orang-orang yg mencari kebenaran dan berusaha memahami hakikat agama, hidup Yesus Kristus menyatakan Allah Pengasih dan Penegak keadilan yg berprakarsa menyelamatkan umat manusia yg sudah jatuh ke dalam dosa.
          Semua klaim Yesus mengenai diriNya bahwa Dia adalah Anak Allah yg kekal dibenarkan oleh hidup-Nya, kematian-Nya, kebangkitan-Nya dan kenaikan-Nya yg penuh kejayaan. Ia memang khas unik di antara segenap umat manusia.
          ==> Image 00335


          IV. Masa-masa terpenting
          Kendati mustahil menyusun riwayat hidup Yesus Kristus secara kronologis, keempat Injil menyajikan cukup bahan yg memungkinkan kita menunjuk masa-masa paling penting dalam hidup-Nya.
             a. Kelahiran-Nya yg supra alami
             Para penulis Injil beroleh kesempatan luar biasa untuk menyelidiki kebenaran tentang kelahiran Yesus. Lepas dari kenyataan bahwa Maria, ibu Yesus, diserahkan ke dalam pengasuhan murid yg paling akrab kepada Yesus (bnd #/TB Yoh 19:26-27*), baiklah diingat bahwa Yakobus, saudara Yesus, beberapa tahun menjadi salah seorang pemimpin jemaat Yerusalem. Sesudah kebangkitan dan kenaikan Yesus, Maria dan anak-anaknya tidak lagi meragukan ke-Tuhan-an Yesus. Mereka hidup dalam persekutuan yg akrab dengan sesama mereka seiman di jemaat Yerusalem (bnd #/TB Kis 1:14*). Ketika Lukas menyertai Paulus ke Yerusalem thn 56 atau 57 M, salah seorang yg dia kunjungi ialah Yakobus, saudara Yesus (#/TB Kis 21:17-18*). Waktu itu — sesuai pendahuluan Injilnya — Lukas sudah memberi perhatian besar pada fakta-fakta yg berkaitan dengan hidup Tuhan Yesus. Apakah Lukas bertemu dengan Maria tidaklah diberitakan, tapi pasti kesempatan terbuka lebar baginya untuk memperoleh informasi mengenai kelahiran Tuhan Yesus, teristimewa informasi khusus yg hanya Maria satu-satunya nara sumber yg otoritatif. Justru sudut pandang dan pengalaman pribadi Maria-lah yg mewarnai dan mendasari laporan Lukas tentang kesupraalamian Yesus dikandung dan dilahirkan (#/TB Luk 1:26-56; 2:1-51*). Pada pihak lain Matius menyusun laporannya berdasarkan sudut pandang dan pengalaman pribadi Yusuf Tapi kedua Injil itu bulat-bulat sepakat bahwa keberadaan dan kehadiran ‘jasadi’ Yesus dalam kandungan Maria tidaklah berasal dari atau oleh bapak manusiawi, melainkan oleh kuasa Roh Kudus dan lahir sebagai Anak Allah (bnd #/TB Luk 1:35*; #/TB Mat 1:18-24*). Persis sesuai kenyataan ini Yohanes memulai Injilnya, ‘Pada mulanya adalah Firman; Firman itu bersama-sama dengan Allah dan Firman itu adalah Allah …. Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yg diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapak, penuh kasih karunia dan kebenaran’ (#/TB Yoh 1:1-14*). *INKARNASI.
             b. Masa bayi, kanak-kanak dan berjenjang dewasa
             #/TB Luk 2:40,52* melaporkan jelas perkembangan hidup Yesus dari masa kanak-kanak sampai berjenjang dewasa berjalan seperti biasa tapi sempurna. Setiap segi kehidupan ideal manusia sempurna seperti yg dikehendaki Allah terwujud nyata dalam hidup Yesus. Kendati Dia hidup di tengah-tengah keluarga sederhana bersama Maria, Yusuf dan beberapa adik-Nya lelaki dan perempuan, hidup-Nya seluruhnya selaras dengan kehendak Allah (#/TB Luk 2:52*). Dan sejak usia anak-anak (#/TB Luk 2:49*) nampaknya Ia sudah sadar bahwa Dia adalah Anak Allah dalam arti yg khas. Dari #/TB Luk 2:46-47* jelas pula bahwa sejak usia kanak-kanak Ia sudah mempelajari Kitab-kitab PL secara mendalam. Dan kendati mungkin Yusuf meninggal pada usia yg masih segar, sehingga Yesus harus bekerja keras sebagai tukang kayu untuk memenuhi kebutuhan keluarga-Nya (#/TB Mat 13:55-56*), Ia menyediakan cukup waktu memahami Kitab Suci dan berdoa.
             Memang ada sedikit informasi tentang masa kanak-kanak Tuhan Yesus, dan kesimpulan-kesimpulan yg dapat ditarik dari Kitab-kitab Injil mengenai hidup-Nya dalam hal pertumbuhan fisik, mental dan rohani menuju kedewasaan penuh, tapi di luar itu Pa bungkam tentang apa yg terjadi pada tahun-tahun persiapan itu.
             c. Baptisan dan pencobaan
             Setelah Yesus (barangkali thn 27 M) mencapai usia paling ‘tegar’ (kr usia 30 thn, #/TB Luk 3:23*) Ia meninggalkan Nazaret dan dibaptiskan oleh Yohanes Pembaptis. Dengan baptisan ini Ia menerima di muka umum tugas kemesiasan-Nya sebagai Anak Allah dan Juruselamat, yg sekalipun Dia sendiri tidak berdosa (#/TB 2Kor 5:21*), memikul hukuman dosa umat manusia.
             Allah Bapak membenarkan dan mensahihkan tindakan AnakNya itu, yg dalam kesadaran penuh menyamakan diriNya dengan orang berdosa. Pembenaran dan pensahihan itu dinyatakan dengan turunnya Roh Kudus ‘dalam wujud burung merpati’ dan dengan suara dari langit, ‘Engkau inilah AnakKu yg Ku-kasihi, kepada-Mu Aku berkenan’ (#/TB Luk 3:22* — terjemahan lama). Pernyataan ini — yg menghubungkan #/TB Mazm 2:7* dengan #/TB Yes 42:1* — mengenal Dia adalah Mesias, tapi itu berarti Dia wajib menggenapi panggilan kemesiasan-Nya dalam citra Hamba Yahweh yg taat dan menderita sengsara.
             Dengan keyakinan demikian dalam hati-Nya, Yesus dibawa oleh Roh Kudus ke padang gurun Yudea untuk dicobai oleh His (#/TB Mat 4:1*). Guna membuktikan kelaikan dan kesanggupan-Nya menjadi Juruselamat manusia, Dia harus membuktikan lebih dulu ketaatan-Nya secara mutlak dan tanpa syarat kepada BapakNya, juga kuasa keperkasaanNya mengalahkan penggoda ulung itu. Peristiwa pencobaan ini mencolok dibandingkan peristiwa kejatuhan ke dalam dosa pada #/TB Kej 3*; di sana Adam dan Hawa menyerah terhadap pencobaan kendati mereka hidup dalam keadaan paling menguntungkan. Padahal, di sini, Yesus menang berjaya kendati Ia dicobai dalam keadaan yg paling buruk dan mengerikan. Sesudah 40 hari di padang gurun terus-menerus dicekam ketegangan fisik dan spiritual, Iblis mengerahkan segenap kemampuannya dan kelicikannya menipu, untuk mendesak Yesus mencobai BapakNya, atau, menolak melakukan misi-Nya sesuai yg digariskan dalam seruan dari langit, seperti yg dikehendaki BapakNya bagi Dia. Tapi Yesus mematahkan cobaan itu betapa pun lihainya dan halusnya dan Dia tetap taat tak tergoyahkan kepada kehendak BapakNya. Ia bangkit berjaya dari pertarungan spiritual itu sebagai Anak Allah yg taat dan Hamba yg setia (#/TB Mat 4:1,11*; #/TB Mr 1:12-13*; #/TB Luk 4:1-13*).
             d. Awal pelayanan-Nya terhadap masyarakat umum
             Setelah berjaya mematahkan semua serangan Iblis, Yesus memulai tahap pertama pelayanan-Nya terhadap masyarakat umum secara terbuka, memanggil murid-murid-Nya yg pertama (#/TB Yoh 1:35-51*), menyatakan kuasa ke-Allah-an-Nya dengan mengubah air menjadi anggur (#/TB Yoh 2:1-11*), melakukan mujizat-mujizat (#/TB Yoh 2:23* dab), mengajarkan kepada Nikodemus kebenaran-kebenaran rohani yg revolusioner, melayankan keselamatan bahkan kepada orang Samaria yg di mata orang Yahudi adalah hina (#/TB Yoh 4:1-42*). Tahapan pelayanan-Nya ini dipersiapkan oleh Yohanes Pembaptis, dan mencapai puncaknya tatkala beberapa orang Samaria mengakui, ‘Kami tahu, bahwa Dia-lah benar-benar Juruselamat dunia’ (#/TB Yoh 4:42*).
             e. Pelayanan dan ajaran berpusat di Galilea
             Penahanan Yohanes Pembaptis menjadi tanda bagi Yesus untuk memulai pelayanan-Nya di Galilea, dengan pengumuman ‘waktunya telah tiba dan Kerajaan Allah sudah dekat’ (#/TB Mr 1:14* dab). Waktu Ia menyatakan di sinagoge Nazaret bahwa Dia-lah yg menggenapi janji janji mengenai Mesias, Dia ditolak oleh masyarakat sekampung-Nya itu (#/TB Luk 4:16* dab). Lalu Ia menjadikan Kapernaum markas besar-Nya. Ia bekerja dan mengajar di Kapernaum dan daerah-daerah lain di Galilea kr 1 thn (#/TB Mat 4:12-14:13*; #/TB Mr 1:14-6:34*; #/TB Luk 4:14-9:11*; #/TB Yoh 4:46-54* dst), sambil menyatakan kuasa keilahian-Nya atas alam (#/TB Mr 4:35-41; 6:34-51* dst), atas roh-roh dan setan-setan (#/TB Luk 8:26-39; 9:37-45* dst), atas badan manusia dan atas penyakit badani dan rohani (#/TB Mat 8:1-17; 9:1-8* dst), bahkan atas hidup dan kematian (#/TB Luk 7:11-17*; #/TB Mat 8:18-26*). Selanjutnya Ia menyatakan memiliki otoritas final atas nasib akhir dan kekal umat manusia. Dalam Khotbah di Bukit dan ajaran-ajaran-Nya yg lain Ia menyatakan otoritas-Nya yg khas memberitakan undang-undang Kerajaan Allah (#/TB Mat 5:1-7:29* dst).
             Sementara Ia menyatakan keunggulan otoritas-Nya sebagai Mesias, pada periode ini Ia juga menyatakan kasihNya dan keprihatinan-Nya terhadap orang-orang yg tertindas secara badani dan rohani (#/TB Mat 9:1-8,18-22*; #/TB Luk 8:43-48* dst). Berulang kali Ia nyatakan bahwa Dia datang untuk mencari dan menyelamatkan yg hilang, dan Ia melakukan hak khas ilahi mengampuni dosa (#/TB Luk 5:20-26; 7:48-50*). Ia memilih 12 orang dari antara pengikut-Nya untuk menjadi murid khusus bagi-Nya (#/TB Mat 10:1-4*; #/TB Luk 6:12-16*), yg secara sistematis Ia ajar dan latih menjadi rasul-Nya.
             Otoritas Yesus mengajar begitu mencolok dan khas. Ia begitu tegar tak goyah sedikit pun menghadapi penentangNya dari kalangan Yahudi dan Farisi. Mujizat-mujizat penyembuhan yg Dia perbuat dan manifestasi-manifestasi lainnya menyatakan kuasa-Nya atas alam (#/TB Luk 4:33-41*; #/TB Mr 5:1-42* dst). Semuanya itu membuat Dia sangat terkenal dan dikagumi masyarakat di seluruh Galilea (#/TB Luk 4:40-42; 5:15,26; 6:17-19*). Ketenaran ini mencapai puncaknya pada mujizat memberi makan 5.000 orang (#/TB Mat 14:13-21*; #/TB Mr 6:30-44*; #/TB Luk 9:10-17*; #/TB Yoh 6:5-13*). Peristiwa ini, yg begitu gamblang membuktikan kemesiasan-Nya mendorong orang banyak untuk menobatkan Dia menjadi raja (#/TB Yoh 6:15*).
             f. Dua belas orang dilatih
             Karena Yesus menolak dinobatkan menjadi Mesias duniawi (#/TB Yoh 6:26-27*) massa bahkan jumlah terbesar murid-Nya dalam arti yg lebih luas (#/TB Yoh 6:66-67*) meninggalkan Dia. Lalu Yesus memasuki wilayah Tirus, Sidon dan Kaisarea Filipi (#/TB Mat 15:21; 16:13*; #/TB Mr 7:31* dsb) dan melayani di sana. Ketika Yesus berkunjung lagi ke daerah sekitar Danau Galilea, Ia menyembuhkan dan menolong banyak penderita yg tertekan jiwa, dan untuk kedua kalinya Ia membuat mujizat memberi makan banyak orang (#/TB Mat 15:29-39*).

             Kemudian Ia membawa murid-murid-Nya menyendiri ke tempat yg sepi. Lalu Ia mengajukan pertanyaan pelik, ‘Siapakah Aku ini?’ (#/TB Mat 16:15*). Petrus, mewakili semua rasul, menjawab tegas, ‘Engkau adalah Mesias, Anak Allah yg hidup!’ (#/TB Mat 16:16*). Sejak itu Yesus mulai mempersiapkan murid-murid-Nya untuk menghadapi pukulan dahsyat yg akan menimpa mereka di Yerusalem (#/TB Mat 16:21-26*). Tapi ketika itu juga dengan jelas dan berulang kali Ia mengajarkan bahwa pada akhirnya kemenangan akan menjadi milik Dia (#/TB Mat 16:27-28*), dan karena itu pengikut-Nya tidak perlu takut (#/TB Luk 12:4-12,32-34*).
             Puncak penyataan diri Yesus kepada murid-murid-Nya terjadi saat to dipermuliakan di atas gunung, pada saat mana Ia nampak dalam kemuliaan ilahi kepada tiga orang muridNya yg paling akrab (#/TB Mat 17:1-13*; #/TB Mr 9:2-10*; #/TB Luk 9:28-36*). Karena Dia datang untuk menggenapi hukum Taurat maupun Nabi-nabi, maka Musa (yg menggambarkan hukum Taurat) dan Elia (yg mewakili para nabi) nampak bersama Dia dalam pemuliaan itu, sebelum Dia pada akhirnya memulai perjalanan-Nya menuju Yerusalem menanggung derita maut untuk menyelamatkan umat manusia. Sekali lagi suara Allah dari langit menyatakan bahwa Yesus adalah AnakNya yg terpilih, kepada-Nya semua orang wajib menyimak dan patuh (#/TB Luk 9:35*).
             g. Permusuhan memuncak
             Setelah Yesus menyatakan diriNya kepada murid-muridNya, dan murid-murid itu mengenal Dia adalah benar-benar Anak Allah (#/TB Mat 17:1-13*; #/TB Mr 9:2-10*; #/TB Luk 9:18-20*), maka Dia mempersiapkan mereka lebih terarah dari sebelumnya untuk mengemban tugas mereka di hari depan sebagai jajaran fondasi gereja-Nya. Dia mengajarkan kebenaran kepada mereka baik langsung atau berupa perumpamaan, dan Ia lanjutkan menyatakan kuasa keilahian-Nya dan otoritasNya dengan menyembuhkan orang sakit (#/TB Luk 14:1-6; 17:11-19*), orang buta (#/TB Mr 10:46-52*) dan menanggulangi beban hidup orang-orang yg tersiksa ditekan penderitaan.
             Para penguasa Yahudi dan para pemimpin agama Yahudi makin keras dan gencar menentang Dia (#/TB Luk 14:1*b). Cara dan jalan apa saja ditempuh untuk menjerat Dia, menghancurkan pengaruh-Nya yg terus meningkat atas masyarakat banyak, dan alasan terus dicari-cari untuk menyeret Dia ke tangan penguasa Roma supaya dihukum mati (#/TB Mat 19:1-3*; #/TB Luk 11:53-54*). Semua peringatan serius yg Dia tujukan kepada penentang-Nya, semua ajaran-Nya yg punya daya gugah dan yg dimaksudkan untuk mengubah hati mereka, semua karya-Nya menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang mati (#/TB Yoh 11:41-45*), hanya mempertajam kebencian orang Farisi, ahli Taurat dan para pemimpin Yahudi terhadap Dia (#/TB Yoh 11:46-53*).
             h. Minggu terakhir di Yerusalem
             Setelah Yesus dengan terang-terangan sebagai Mesias memasuki Yerusalem, diarak dan dielu-elukan orang banyak yg bersorak-sorai (#/TB Mr 11:1-10*; #/TB Yoh 12:12-19* dst), Ia mengusir para penukar uang dan pedagang binatang korban dari pelataran luar Bait Suci. Dengan demikian Ia memperlihatkan kekuasaan-Nya sebagai Mesias (#/TB Luk 19:45-46*; #/TB Mat 21:12-16*). Akhir hidup-Nya sekarang makin dekat. Dengan gamblang Ia menelanjangi kemunafikan orang-orang yg memburu-buru Dia (#/TB Mat 23:1-39*; #/TB Luk 20:45-47*), sewaktu Dia mengajar di pelataran Bait Suci pada hari-hari terakhir yg begitu mencekam (#/TB Mat 21:33-34; 22:1-14*; #/TB Mr 12:1-12*; #/TB Luk 20:9-47*), menubuatkan apa yg akan menimpa orang Yahudi, Yerusalem dan Bait Suci (#/TB Luk 21:20-24*). Ia mempersiapkan pengikut-Nya perihal bahaya yg telah siap menanti mereka (#/TB Luk 21:9-19* dst), memberi tahu apa yg telah tersedia bagi dunia dan gereja (#/TB Luk 21:25-27*), dan menubuatkan bahwa sejarah dunia akan mencapai puncaknya kelak pada saat Ia dalam kemuliaan datang lagi untuk menyatakan kuasa ke-Allah-an-Nya atas semua kuat kuasa kegelapan, dan untuk mulai menegakkan Kerajaan-Nya yg kekal (#/TB Mat 24:29-31; 25:31-46*).
             Malam menjelang penderitaan-Nya, dan sebagai upaya terakhir mempersiapkan para rasul mengemban tugas besar yg menanti mereka, Yesus membasuh kaki murid-muridNya itu (#/TB Yoh 13:1-11*), mengajarkan kepada mereka pelajaran yg sangat penting tentang kerendahan hati (#/TB Yoh 13:12-17*; #/TB Luk 22:24-30*), dan memberitahukan bahwa Yudas akan mengkhianati Dia (#/TB Mr 14:18-21*; #/TB Yoh 13:21-30*). Kemudian Ia menetapkan Perjamuan Kudus (#/TB Mat 26:26-29* dst) dan akhirnya Ia mendoakan semua pengikut-Nya (#/TB Yoh 17:1-26*).
             Lalu di Getsemani Ia menyerahkan diriNya mutlak seutuhnya dan untuk yg terakhir kalinya kepada kehendak BapakNya (#/TB Mat 26:39-46* dst). Setelah menimpakan atas diriNya segenap kesalahan umat manusia yg sudah jatuh ke dalam dosa, dengan ikhlas Ia membiarkan diriNya ditangkap, disiksa, dijatuhi hukuman yg salah dan disalibkan. Penderitaan-Nya sebagai korban tebusan dosa mencapai puncaknya di kayu salib, menjelang akhir tiga jam gulita saat Ia berseru, ‘AllahKu, AllahKu, mengapa Engkau meninggalkan Aku?’ (#/TB Mat 27:46*). Telah Ia kemukakan kepada murid-murid-Nya bahwa Ia datang bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang (#/TB Mat 26:28*; #/TB Mr 10:45* dst). Setelah dengan sukarela Ia mempersembahkan diriNya sebagai Anak Domba Allah (#/TB Yoh 1:29; 10:11-18*), tugas-Nya tuntas seutuhnya. Lalu Ia menyerahkan nyawa-Nya ke dalam tangan BapakNya dengan seru kemenangan, ‘Sudah selesai!’ (#/TB Yoh 19:30*).
             i. Penguburan, kebangkitan dan kenaikan
             Setelah Yesus mati, Ia tidak lagi di bawah kuasa musuh-musuh-Nya. Mayat Yesus diturunkan dari kayu salib (#/TB Luk 23:50-53*) dan dikuburkan di kuburan baru dalam suatu kebun. Janji-Nya akan bangkit dari antara orang mati segera digenapi. Sebagai Kristus yg bangkit dan Tuhan yg hidup, Ia membasmi ketakutan dan kebimbangan hati pengikutNya (#/TB Luk 24:13-49*; #/TB Yoh 20:11-21:22*). Pada kurun waktu 40 hari Ia berulang-ulang menampakkan diriNya kepada mereka, membuka hati mereka supaya mengerti Kitab Suci PL, menjanjikan akan mengutus Roh Kudus untuk menghibur, memimpin dan memberi kuasa kepada mereka bertindak sebagai saksi-Nya mulai dari Yerusalem sampai ke ujung bumi (#/TB Kis 1:8*). Setelah sekali lagi Ia meyakinkan mereka bahwa segala kuasa di sorga dan di bumi telah diberikan kepada-Nya (#/TB Mat 28:18*), Ia menugasi mereka untuk menjadikan semua bangsa murid-Nya (#/TB Mat 28:19*). Lalu Ia berjanji akan senantiasa menyertai mereka, bahkan sampai akhir zaman (#/TB Mat 28:20*), dan Ia pun terangkat ke sorga — sambil mengangkat tangan-Nya memberkati mereka (#/TB Luk 24:50*).
             Dengan demikian hidup Yesus sebagai Manusia di antara manusia di bumi ini pada akhirnya menang berjaya. Klaim para rasul sangat tepat menyimpulkan pelayanan Yesus di bumi, ‘Allah telah membuat Yesus, yg kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus’ (#/TB Kis 2:36*).

KEPUSTAKAAN.
H Anderson, Jesus and Christian Origins, 1964; 0 Borchert, The Original Jesus, 1933; G Bornkamm, Jesus of Nazareth, 1960; F. C Burkitt, Jesus Christ — an historical outline, 1932; CJ Cadoux, Life of Jesus, 1948; F. C Conybeare, The Historic Jesus, 1914; H Daniel-Rops, Jesus in His Time, 1955; A Edershaim, The Life and Times of Jesus the Messiah, 1883; F. W Farrar, The Life of Christ, 1874; J. N Geldenhuys, Commentary on the Gospel of Luke, 1950 (terutama hlm 36-41, catatan-catatan khusus yg tertera pada hlm 14, dan keterangan-keterangan pada hlm 649-670); Giovanni Papini, Life of Christ, 1925; T. R Glover, The Jesus of History’, 1920; M Goguel, Life of Jesus, 1933; E. J Goodspeed, A Life of Jesus, 1950; A. C Headlam, The Life and Teaching of Jesus’, 1936; A. M Hunter, The Work and Words of Jesus, 1950; J. W Jack, The Historic Christ, 1933; S. E Johnson, Jesus in His own Times, 1959; J Klausner, Jesus of Nazareth, 1929; K. S Latourette, The First Five Centuries, 1937 (ps 2); J MacKinnon, The Historic Jesus, 1931; H. D. A Major, T. W Manson, dan C. J Wright, The Mission and Message of Jesus, 1940; T. W Manson, The Servant-Messiah, 1953; E Meyer, Ursprung and Anfange des Christentums, 3 jilid, 1921-1923; G Ogg, Chronology of the Public Ministry of Jesus, 1940; A. T Olmstead, Jesus in the Light of History, 1942; J. M Robinson, A New Quest of the Historical Jesus, 1959; W Sanday, Outlines of the Life of Christ, 1931; A Schweitzer, The Quest of the Historical Jesus’, 1936; P. C Simpson, The Fact of Christ, 1901; David Smith, The Days of His Flesh, 1905; J Stalker, The Life of Jesus Christ, 1891; E Stauffer, Jesus and His Story, 1960; N. B Stonehouse, The Witness of Matthew and Mark to Christ, 1944; The Witness of Luke to Christ, 1951; R. H Strachan, The Ministry of Jesus, 1954; M. C Tenney, New Testament Survey, 1961; H. E. W Turner, Jesus, Master and Lord, 1953; B. B Warfield, The Person and Work of Christ, 1950; H. G Wood, Did Christ Really Live?, 1938.

No comments:

Post a Comment

Allah memperhatikan penderitaan umat

  Allah memperhatikan penderitaan umat (Keluaran 2:23-3:10) Ketika menderita, kadang kita menganggap bahwa Allah tidak peduli pada penderita...