NEHEMIA
Satu-satunya sumber pengetahuan kita mengenai Nehemia adalah kitab yg
membawakan namanya. Dialah juru minum raja Persia, Artahsasta I (465-424 sM).
Juru minum merupakan kedudukan istimewa. Karena tidak disebut-sebut istrinya,
maka mungkin dia seorang kasim. Setelah menerima berita mengenai keadaan
Yerusalem yg begitu menyedihkan (mungkin oleh kejadian-kejadian dlm #/TB Ezr
4:7-23*), dia memohon dan memperoleh izin berangkat ke tanah airnya sendiri dan
diangkat menjadi gubernur. Biarpun ada perlawanan seru (*SANBALAT; *TOBIA) dia
dan orang Yahudi membangun kembali tembok-tembok Yerusalem dalam 52 hari. Dia
dan orang Yahudi mempersilakan Ezra membaca hukum Taurat, dan berjanji akan
mematuhi perintah-perintahnya. Waktu ia pulang ke Persia, beberapa bentuk
penyelewengan yg telah dia tumpas kambuh lagi. Dan setelah kembali lagi di
Yerusalem dia harus melakukan pembaharuan-pembaharuan segar. Catatan pribadinya
menjadi bagian terbesar Kitab Neh, dan memperkenalkan dia sebagai yg taat
berdoa, beramal dan setia pada tugasnya. Untuk menentukan tarikh tindak
kebijaksanaannya informasi acuan-acuan berikut sangat menolong.
#/TB
Ezr 2:1*. Ia dinobatkan menjadi gubernur thn 445 sM.
#/TB
Neh 5:14; 13:6*. Ia kembali ke Persia thn 433 sM.
#/TB Neh
13:6*. Ia kembali ke Yerusalem ‘setelah beberapa hari’.
Acuan
dalam #/TB Neh 2:6* menyarankan bahwa jangka waktu jabatannya yg pertama sangat
singkat, dan dia kembali ke Persia mungkin hanya sebentar antara 445 dan 443
sM. Kealpaannya di Yerusalem sesuai #/TB Neh 13:6* memberi peluang bangkitnya
kembali penyelewengan-penyelewengan yg luas, dan orang-orang Lewi diusir keluar
untuk bekerja di ladang-ladang, maka dapat disimpulkan bahwa yg dimaksud dengan
‘beberapa hari’ itu adalah sekurang-kurangnya 18 bulan, dan mungkin juga lebih
lama.
KITAB
NEHEMIA
I. Garis besar isi
a.
Nehemia di Persia mendengar berita menyedihkan tentang Yerusalem, dan
doa-doanya kepada Allah (#/TB Neh 1:1-11*).
b.
Raja Artahsasta mengangkat dia bupati Yerusalem (#/TB Neh 2:1-11*).
c.
Rencananya membangun kembali tembok yg dihancurkan (#/TB Neh 2:12-20*).
d.
Daftar para pembangun dan pembagian kerja (#/TB Neh 3:1-32*).
e.
Ancaman-ancaman terhadap pekerjaan itu: sindiran tajam (#/TB Neh 4:1-6*);
serangan-serangan mendadak (#/TB Neh 4:7-23*); perpecahan di dalam (#/TB Neh
5:1-19*); tuduhan-tuduhan palsu (#/TB Neh 6:1-14*).
f
Pembangunan tembok diselesaikan (#/TB Neh 6:15; 7:4*).
g.
Daftar orang-orang yg kembali dari pembuangan (#/TB Neh 7:5-73*).
h.
Ezra dan orang-orang Lewi membacakan dan menjelaskan hukum Taurat (#/TB Neh
7:73-8:17*).
i.
Doa bersama dalam pertobatan (#/TB Neh 9:1-38*)
j.
Ikrar untuk taat (#/TB Neh 10:1-39*).
k.
Daftar penduduk Yerusalem dan sekitarnya (#/TB Neh 11:1-36*).
l.
Daftar para imam dan orang-orang Lewi (#/TB Neh 12:1-26*).
m.
Penahbisan tembok-tembok dan susunan ibadat (#/TB Neh 12:27-47*).
n.
Penyalahgunaan dan pembaharuan (#/TB Neh 13:1-31*).
II. Susunan
Pada
mulanya Kitab Neh dan Ezr merupakan satu kitab, dan keduanya mungkin merupakan
lanjutan dari Taw (*EZRA dan *TAWARIKH). Dalam Kitab Neh penyusun menguraikan
sbb:
a.
Riwayat pribadi Nehemia, tetap memakai bentuk orang pertama tunggal: #/TB Neh
1:1; 2:20; 4:1; 7:5; 10:28; 11:2; 12:27; 13:31*.
b.
Cerita dalam bentuk orang ketiga tunggal, mungkin bersumber dari riwayat
Nehemia atau dari catatan-catatan Bait Allah: #/TB Neh 7:73; 9:38*.
c.
Daftar-daftar:
1.
Daftar para pembangun: #/TB Neh 3:1-32*, hampir pasti bersumber dari riwayat
#/TB Neh 2*. Orang-orang yg kembali dari pembuangan: #/TB Neh 7:6-73*, dari
sumber yg sama seperti #/TB Ezr 2*. Mereka yg membubuhkan meterai mereka pada
piagam perjanjian: #/TB Ezr 10:1-27*, atau dari riwayat Nehemia atau dari
catatan-catatan Bait Allah.
4.
Penduduk Yerusalem dan sekitarnya: #/TB Neh 11:3-36*, mungkin dari
catatan-catatan Bait Allah. Bagian #/TB Neh 11:3-19* sebenarnya adalah sama
dengan #/TB 1Taw 9:2-17:5*. Para imam, kaum Lewi dan para imam besar: #/TB Neh
12:1-26*, dari catatan-catatan Bait Allah.
Semuanya ini telah dikumpulkan menjadi suatu riwayat historis.
III. Tempat Ezra
Riwayat pribadi Nehemia dalam #/TB Neh 12:36* menyebut Ezra memimpin
suatu arak-arakan pada waktu penahbisan tembok. Mereka yg mentarikhkan Ezra
lama sesudah Nehemia, terikat menganggap bahwa di sini penyusun menciptakan
kumpulan riwayat, atau memalsukan riwayat asli. Anggapan ini tidak beralasan.
Gambaran di sini hidup seperti di bagian lain dari riwayat itu.
Pembacaan Taurat oleh Ezra pada ps 8 adalah kategori lain, karena bagian
ini tidak ditulis dalam bentuk orang pertama tunggal. Ada yg ingin
mencantelkannya pada bagian akhir Kitab Ezr. Memang bagian ini dicantelkan pada
bagian akhir 1 Esdras. Penyusun 1 Esdras mengubah urutan dari cerita-cerita
Ibrani dalam bagian pertama kitab itu, dan adalah wajar menganggap dia telah
membulatkan secara rapi cerita Ezra dengan memasukkan pembacaan Taurat dalam
bagian ini, dan mengambilnya dari tempatnya semula dalam cerita Nehemia. Tempat
cerita itu dalam 1 Esdras tidak membantu tesis, bahwa Ezra datang sesudah
Nehemia, karena Nehemia tidak disebut dan tidak ada tempatnya duluan dalam 1
Esdras, yg mencakup periode mulai dari kepulangan pertama dari pembuangan.
*YERUSALEM; *BAIT ALLAH.
KEPUSTAKAAN. *EZRA. JSW/AL/HAO
No comments:
Post a Comment