Wednesday, July 11, 2018

NEHEMIA, KITAB NEHEMIA


NEHEMIA
       Satu-satunya sumber pengetahuan kita mengenai Nehemia adalah kitab yg membawakan namanya. Dialah juru minum raja Persia, Artahsasta I (465-424 sM). Juru minum merupakan kedudukan istimewa. Karena tidak disebut-sebut istrinya, maka mungkin dia seorang kasim. Setelah menerima berita mengenai keadaan Yerusalem yg begitu menyedihkan (mungkin oleh kejadian-kejadian dlm #/TB Ezr 4:7-23*), dia memohon dan memperoleh izin berangkat ke tanah airnya sendiri dan diangkat menjadi gubernur. Biarpun ada perlawanan seru (*SANBALAT; *TOBIA) dia dan orang Yahudi membangun kembali tembok-tembok Yerusalem dalam 52 hari. Dia dan orang Yahudi mempersilakan Ezra membaca hukum Taurat, dan berjanji akan mematuhi perintah-perintahnya. Waktu ia pulang ke Persia, beberapa bentuk penyelewengan yg telah dia tumpas kambuh lagi. Dan setelah kembali lagi di Yerusalem dia harus melakukan pembaharuan-pembaharuan segar. Catatan pribadinya menjadi bagian terbesar Kitab Neh, dan memperkenalkan dia sebagai yg taat berdoa, beramal dan setia pada tugasnya. Untuk menentukan tarikh tindak kebijaksanaannya informasi acuan-acuan berikut sangat menolong.

       #/TB Ezr 2:1*. Ia dinobatkan menjadi gubernur thn 445 sM.

       #/TB Neh 5:14; 13:6*. Ia kembali ke Persia thn 433 sM.

       #/TB Neh 13:6*. Ia kembali ke Yerusalem ‘setelah beberapa hari’.

       Acuan dalam #/TB Neh 2:6* menyarankan bahwa jangka waktu jabatannya yg pertama sangat singkat, dan dia kembali ke Persia mungkin hanya sebentar antara 445 dan 443 sM. Kealpaannya di Yerusalem sesuai #/TB Neh 13:6* memberi peluang bangkitnya kembali penyelewengan-penyelewengan yg luas, dan orang-orang Lewi diusir keluar untuk bekerja di ladang-ladang, maka dapat disimpulkan bahwa yg dimaksud dengan ‘beberapa hari’ itu adalah sekurang-kurangnya 18 bulan, dan mungkin juga lebih lama.

KITAB NEHEMIA
          I. Garis besar isi
          a. Nehemia di Persia mendengar berita menyedihkan tentang Yerusalem, dan doa-doanya kepada Allah (#/TB Neh 1:1-11*).

          b. Raja Artahsasta mengangkat dia bupati Yerusalem (#/TB Neh 2:1-11*).

          c. Rencananya membangun kembali tembok yg dihancurkan (#/TB Neh 2:12-20*).

          d. Daftar para pembangun dan pembagian kerja (#/TB Neh 3:1-32*).

          e. Ancaman-ancaman terhadap pekerjaan itu: sindiran tajam (#/TB Neh 4:1-6*); serangan-serangan mendadak (#/TB Neh 4:7-23*); perpecahan di dalam (#/TB Neh 5:1-19*); tuduhan-tuduhan palsu (#/TB Neh 6:1-14*).

          f Pembangunan tembok diselesaikan (#/TB Neh 6:15; 7:4*).

          g. Daftar orang-orang yg kembali dari pembuangan (#/TB Neh 7:5-73*).

          h. Ezra dan orang-orang Lewi membacakan dan menjelaskan hukum Taurat (#/TB Neh 7:73-8:17*).

          i. Doa bersama dalam pertobatan (#/TB Neh 9:1-38*)

          j. Ikrar untuk taat (#/TB Neh 10:1-39*).

          k. Daftar penduduk Yerusalem dan sekitarnya (#/TB Neh 11:1-36*).

          l. Daftar para imam dan orang-orang Lewi (#/TB Neh 12:1-26*).

          m. Penahbisan tembok-tembok dan susunan ibadat (#/TB Neh 12:27-47*).

          n. Penyalahgunaan dan pembaharuan (#/TB Neh 13:1-31*).

          II. Susunan

          Pada mulanya Kitab Neh dan Ezr merupakan satu kitab, dan keduanya mungkin merupakan lanjutan dari Taw (*EZRA dan *TAWARIKH). Dalam Kitab Neh penyusun menguraikan sbb:

          a. Riwayat pribadi Nehemia, tetap memakai bentuk orang pertama tunggal: #/TB Neh 1:1; 2:20; 4:1; 7:5; 10:28; 11:2; 12:27; 13:31*.

          b. Cerita dalam bentuk orang ketiga tunggal, mungkin bersumber dari riwayat Nehemia atau dari catatan-catatan Bait Allah: #/TB Neh 7:73; 9:38*.

          c. Daftar-daftar:

          1. Daftar para pembangun: #/TB Neh 3:1-32*, hampir pasti bersumber dari riwayat #/TB Neh 2*. Orang-orang yg kembali dari pembuangan: #/TB Neh 7:6-73*, dari sumber yg sama seperti #/TB Ezr 2*. Mereka yg membubuhkan meterai mereka pada piagam perjanjian: #/TB Ezr 10:1-27*, atau dari riwayat Nehemia atau dari catatan-catatan Bait Allah.

          4. Penduduk Yerusalem dan sekitarnya: #/TB Neh 11:3-36*, mungkin dari catatan-catatan Bait Allah. Bagian #/TB Neh 11:3-19* sebenarnya adalah sama dengan #/TB 1Taw 9:2-17:5*. Para imam, kaum Lewi dan para imam besar: #/TB Neh 12:1-26*, dari catatan-catatan Bait Allah.

          Semuanya ini telah dikumpulkan menjadi suatu riwayat historis.

          III. Tempat Ezra

          Riwayat pribadi Nehemia dalam #/TB Neh 12:36* menyebut Ezra memimpin suatu arak-arakan pada waktu penahbisan tembok. Mereka yg mentarikhkan Ezra lama sesudah Nehemia, terikat menganggap bahwa di sini penyusun menciptakan kumpulan riwayat, atau memalsukan riwayat asli. Anggapan ini tidak beralasan. Gambaran di sini hidup seperti di bagian lain dari riwayat itu.

          Pembacaan Taurat oleh Ezra pada ps 8 adalah kategori lain, karena bagian ini tidak ditulis dalam bentuk orang pertama tunggal. Ada yg ingin mencantelkannya pada bagian akhir Kitab Ezr. Memang bagian ini dicantelkan pada bagian akhir 1 Esdras. Penyusun 1 Esdras mengubah urutan dari cerita-cerita Ibrani dalam bagian pertama kitab itu, dan adalah wajar menganggap dia telah membulatkan secara rapi cerita Ezra dengan memasukkan pembacaan Taurat dalam bagian ini, dan mengambilnya dari tempatnya semula dalam cerita Nehemia. Tempat cerita itu dalam 1 Esdras tidak membantu tesis, bahwa Ezra datang sesudah Nehemia, karena Nehemia tidak disebut dan tidak ada tempatnya duluan dalam 1 Esdras, yg mencakup periode mulai dari kepulangan pertama dari pembuangan. *YERUSALEM; *BAIT ALLAH.

       KEPUSTAKAAN. *EZRA. JSW/AL/HAO

No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...