Wednesday, July 4, 2018

KITAB 1 dan 2 TAWARIKH

KITAB 1 dan 2 TAWARIKH.

          I. Garis besar isi

          I TAWARIKH

             a. Silsilah-silsilah (#/TB 1Taw 1:1; 9:44*)

             Adam hingga Nuh (#/TB 1Taw 1:1-4*); anak-anak Nuh hingga Yakub dan Esau (#/TB 1Taw 1:5-54*); anak-anak Yakub; (i) Yahuda dan garis raja (#/TB 1Taw 2:1; 4:23*); suku-suku yg lain (#/TB 1Taw 4:24; 8:40*); (ii) Lewi (#/TB 1Taw 6:1-81*); orang-orang yg kembali dari pembuangan dan pembagian tugas di Bait Allah (#/TB 1Taw 9:1-34*); Saul (#/TB 1Taw 9:35-44*).

             b. Perbuatan perbuatan Daud (#/TB 1Taw 10:1; 29:30*)

             (i) Daud dijadikan raja. Kematian Saul (#/TB 1Taw 10:1-14*); Daud dinobatkan (#/TB 1Taw 11:1-3*); merebut Yerusalem (#/TB 1Taw 11:4-9*); para pendukung utama Daud dan ‘pahlawan-pahlawannya yg gagah perkasa’ (#/TB 1Taw 11:10-47*); sebelum penobatannya (#/TB 1Taw 12:1-22*); setelah penobatannya (#/TB 1Taw 12:23-40*).

             (ii) Perbuatan-perbuatan agamawi Daud. Usaha yg gagal untuk mengangkut tabut (#/TB 1Taw 13:1-14*); pimpinan dalam pertempuran (#/TB 1Taw 14:1-17*); pengangkutan tabut ke Yerusalem (#/TB 1Taw 15:1-29*); peresmian tabut (#/TB 1Taw 16:1-43*); janji kepada keturunan Daud (#/TB 1Taw 17:1-27*).

             (iii) Kemenangan-kemenangan di luar negeri. Bangsa Filistin, Moab, Zoba, Aram, Edom (#/TB 1Taw 18:1-17*); Amon (#/TB 1Taw 19:1-20:3*); Filistin (#/TB 1Taw 20:4-8*).

             (iv) Organisasi dalam negeri. Sensus (#/TB 1Taw 21:1-30*); persiapan bagi pembangunan Bait Allah (#/TB 1Taw 22:1-19*); para imam dan Lewi (#/TB 1Taw 23:1; 26:28*); pejabat-pejabat lainnya (#/TB 1Taw 26:29; 27:34*).

             (v) Ucapan selamat tinggal Daud Kepada para pemimpin (#/TB 1Taw 28:1-8*); kepada Salomo (#/TB 1Taw 28:9-21*); kepada semua rakyat (#/TB 1Taw 29:1-5*); penyerahan persembahan-persembahan (#/TB 1Taw 29:6-21*); Daud dan Salomo (#/TB 1Taw 29:22-30*).

          II TAWARIKH

             a. Pemerintahan Salomo (#/TB 2Taw 1:1; 9:31*)

             Peneguhannya dalam kerajaan (#/TB 2Taw 1:1-17*); pembangunan Bait Allah (#/TB 2Taw 2:1; 5:1*); pembawaan masuk tabut Allah (#/TB 2Taw 5:2-14*); persembahan dan doa (#/TB 2Taw 6:1; 7:22*); kemuliaan Salomo di dalam dan di luar negeri (#/TB 2Taw 8:1; 9:31*).

             b. Raja-raja Yehuda (#/TB 2Taw 10:1; 36:23*)

             Rehabeam (#/TB 2Taw 10:1; 12:16*); Abia (#/TB 2Taw 13:1-22*); Asa dan pembangunan (#/TB 2Taw 14:1; 16:14*); Yosafat dan pembangunan (#/TB 2Taw 17:1; 20:37*); Yoram (#/TB 2Taw 21:1-20*); Ahazia (#/TB 2Taw 22:1-9*); Atalya merebut takhta (#/TB 2Taw 22:10-12*); Yoas dan pembangunan (#/TB 2Taw 23:1; 24:27*); Amazia (#/TB 2Taw 25:1-28*); Uzia (#/TB 2Taw 26:1-23*); Yoram (#/TB 2Taw 27:1-9*); Ahas (#/TB 2Taw 28:1-27*).

             Hizkia, pembangunan dan keajaiban luputnya Yerusalem (#/TB 2Taw 29:1; 32:33*); Manasye (#/TB 2Taw 33:1-20*); Amon (#/TB 2Taw 33:21-25*); Yosia dan pembangunan (#/TB 2Taw 34:1; 35:27*); Yoahas (#/TB 2Taw 36:1-4*); Yoyakim (#/TB 2Taw 36:5-8*); Yoyakhin (#/TB 2Taw 36:9,10*); Zedekia (#/TB 2Taw 36:11,21*).

             c. Bagian akhir

             Terbuang dan kembali (#/TB 2Taw 36:22,23*).

          II. Penulis dan tarikh

          Menurut tradisi Yahudi kedua Taw ditulis oleh Ezra. Beberapa alasan yg mendukung pandangan ini diberikan oleh W. F Albright di JBL 40, 1921, hlm 104-124. Tiada alasan mengapa tarikhnya harus ditempatkan pada zaman yg lebih kemudian daripada bagian akhir abad 5 sM. Hubungan antara akhir Taw dan awal Ezr, dan juga pangkal pemikiran umum Kitab-kitab itu, memberi kesan bahwa Taw, Ezr dan Neh dimaksudkan sebagai satu kitab.

          Mereka yg mengatakan bahwa Ezra datang di Yerusalem setelah thn 400 sM (*EZRA) tentu mengatakan bahwa tarikh penulisan seluruh kitab itu terjadi lebih kemudian. Bukti tambahan bagi penulisan pada abad 4 dicari dalam nama-nama yg terdapat di daftar-daftar silsilah. Demikianlah #/TB 1Taw 3:19-24* mencatat nama-nama keturunan Zerubabel sampai keturunan ke-6 (LXX sampai yg ke-11), dan tarikh Zerubabel ialah 520 sM. Daftar para imam besar di #/TB Neh 12:22* ditulis sampai Yadua, yg menurut Yosefus hidup pada zaman Iskandar Agung, yg meninggal pada thn 323 sM. Kenyataan-kenyataan ini telah ditolak (ump oleh E. J Young, Introduction to the Old Testament, hlm 303), tapi jika benar, kenyataan-kenyataan itu tidak menggeser tarikh yg lebih dini dari kitab-kitab itu pada umumnya, karena para penyalin akan cenderung membuat catatan-catatan samping untuk membuat daftar-daftar yg penting menjadi berlaku.

          III. Sumber-sumber kitab itu

          Penulis Taw menunjuk kepada bermacam-macam tulisan yg berisi pemberitahuan lebih lanjut tentang sejarah. Sekalipun ia tidak mengatakan bahwa ia sendiri memakainya, tentu cukup wajar menyimpulkan bahwa ia memang berbuat demikian. Dokumen-dokumen dapat dibagi menjadi dua kelompok.

          a. Kitab-kitab yg disebut ialah ‘kitab-kitab raja-raja Yehuda dan Israel’ (#/TB 2Taw 16:11; 25:26; 28:26; 32:32*), ‘kitab raja-raja Israel dan Yehuda’ (#/TB 2Taw 27:7; 35:27; 36:8*), ‘kitab raja-raja Israel’ (#/TB 2Taw 33:18*). Kesamaan umum nama-nama kitab-kitab itu memberi kesan, bahwa yg dimaksud ialah suatu kumpulan lengkap catatan-catatan, dan mungkin #/TB 2Taw 24:27* merujuk lebih lanjut kepada Kitab ini. Di situ disebut tentang ‘cerita (midrasy) kitab raja-raja’. Catatan ini mungkin menjadi sejarah resmi para raja, yg juga sering ditunjuk dalam 1 dan 2 Raj (#/TB 1Raj 14:19* dab). Penulis Taw agaknya menggali langsung sumber-sumber sejarah ini, sebagai tambahan kepada ringkasan-ringkasan yg telah dibuat dari catatan-catatan itu oleh para penulis Raj, dan beberapa dari pemberitahuan tambahan dalam Taw agaknya datang dari mereka.

          b. Tulisan-tulisan yg dihubungkan dengan nabi-nabi tertentu. Bagi pemerintahan Daud kata-kata Samuel, Natan dan Gad (#/TB 1Taw 29:29*); bagi Salomo kata-kata Natan, nubuat Ahia dan penglihatan-penglihatan Ido (#/TB 2Taw 9:29*); bagi Yosafat riwayat Yehu (#/TB 2Taw 20:34*), bagi Rehabeam kata-kata Semaya dan Ido (#/TB 2Taw 12:15*); bagi Abia cerita (midrasy) Ido (#/TB 2Taw 13:22*); bagi Manasye kata-kata Hozai (#/TB 2Taw 33:19*) (kata khozim oleh LAI diterjemahkan ‘para pelihat’). Juga ada dua rujukan kepada Yesaya. Dikatakan bahwa ia menulis riwayat Uzia, yg pertama dan yg terakhir (#/TB 2Taw 26:22*). Demikianlah juga dikatakan bahwa sisa riwayat Hizkia ditulis dalam penglihatan nabi Yesaya dalam kitab raja-raja Yehuda dan Israel (#/TB 2Taw 32:32*). Ungkapan terakhir ini dapat dihubungkan dengan apa yg dikatakan mengenai riwayat Yehu di #/TB 2Taw 20:34*, bahwa semuanya itu tertulis (ho’ala) di dalam kitab raja-raja Israel. Semuanya ini memberi kesan bahwa nabi-nabi menulis catatan-catatan tentang zamannya, barangkali dalam bentuk penafsiran yg diberikan Allah atas raja-raja dan penafsiran moral dan rohani atas sejarah. Agaknya mereka bertanggung jawab atas bagian-bagian sejarah yg ditulis dalam gaya Ul.

          Sebagai tambahan bagi sumber-sumber yg telah disebut, kita harus menganggap bahwa penulis Taw boleh menggunakan catatan-catatan, daftar-daftar dan silsilah-silsilah yg dimiliki Bait Allah, dan bahwa pemberitahuan-pemberitahuan yg diberikan tentang imam-imam, para orang Lewi dan organisasi Bait Allah bukan khayalan, tapi diambil dari dokumen-dokumen yg diturunkan dengan cara yg sama dengan kitab-kitab sejarah yg resmi.

          IV. Pendirian penulis Taw

          Penulis Taw bermaksud supaya sejarahnya menjadi tambahan bagi dokumen-dokumen lain yg telah ada. Perhatiannya dicurahkan kepada kebangkitan dan kejatuhan wangsa Daud, Bait Allah dan kultusnya, para imam dan orang-orang Lewi yg melayani Bait Allah. Riwayat-riwayat manusiawi yg berkaitan dengan kesukaran-kesukaran keluarga Daud ditiadakan, tapi banyak diceritakan tentang karya Daud peri pengaturan-pengaturan kultus, mengikuti hukum-hukum Musa dalam apa yg disebut oleh ahli-ahli modern ‘kitab peraturan imamat’. Seorang ahli sejarah gereja tentu menguraikan banyak informasi yg segar yg tidak diceritakan oleh ahli sejarah yg menulis dari sudut pandang yg berbeda.

          Ada perbedaan-perbedaan tertentu antara pernyataan-pernyataan dalam Taw dan pernyatan-pernyataan yg sejajar dalam Sam dan Raj. Di beberapa tempat naskah Taw mempunyai bacaan yg telah rusak dalam Sam dan Raj. Demikianlah #/TB 1Taw 20:5* lebih mungkin benar mengenai kematian saudara Goliat daripada #/TB 2Sam 21:19*, seperti yg ditunjukkan oleh tafsir-tafsir, berisi dua kerusakan ay yg jelas. Di tempat-tempat lain penulis Taw bersandar kepada informasi tambahan. Demikianlah jumlah uang yg lebih besar yg dibayar Daud sesuai #/TB 1Taw 21:25*, jika dibandingkan dengan #/TB 2Sam 24:24* kiranya menunjukkan jumlah yg terakhir, yg ditunjukkan dalam catatan-catatan Bait Allah, yg telah dibayar bagi seluruh tempat Bait Allah, padahal dalam 2 Sam ditunjukkan jumlah yg langsung dibayarkan bagi tempat pengirikan dan lembu-lembu. Ada keanekaan dalam angka-angka, tapi kita tahu dari keanekaan yg sama dalam LXX betapa sulit untuk meneruskan angka-angka secara teliti dalam penyalinan naskah-naskah. Ada juga perlunya penelitian lebih lanjut terhadap anti huruf huruf mati ‘lp, yg diterjemahkan ‘ribuan’, sebab huruf-huruf itu di tempat-tempat tertentu menunjuk kepada kesatuan-kesatuan dari bermacam-macam ukuran atau pemimpin-pemimpin kesatuan. (Lih RED Clark, ‘The Large Numbers of the Old Testament’, JT 6, 87, 1955.)

       KEPUSTAKAAN. E. L Curtiss dan A. A Madsen, ICC, 1910; G Gerleman, Studies in the LXX, 2 Chronicles, 1946; C. C Torrey, The Chronicler’s History of Israel, 1954; P. R Ackroyd, I  II Chronicles, Ezra, Nehemiah, TBC, 1973; J. M Myers, Int 20, 1966, hlm 259-273; D. N Freedman, CBO 23, 1961, hlm 436-442; H. G. M Williamson, Israel in the Books of Chronicles, 1977.


No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...