Friday, April 17, 2020

MUNGKINKAH YESUS BERBUAT DOSA?



Mungkinkah Yesus berbuat dosa?
 Kristen selalu berpendapat bahwa Kristus benar-benar bersih dari dosa. Hal ini sesuai dengan ajaran-ajaran Kitab Suci yang eksplisit, yang menyatakan bahwa Dia dalam segala hal "sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa" (Ibr 4:15).[1]
1.            Hanya tidak berbuat dosa “Ibr 4:15  Sebab Imam Besar yang kita punya, bukanlah imam besar yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita, sebaliknya sama dengan kita, Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa.”

2.            Dia juga disebut sebagai Yang Kudus, Yang Benar dan Yang Adil (Kis 3:14; Kis 22:14)[2]

Kis 3:14  Tetapi kamu telah menolak Yang Kudus dan Benar, serta menghendaki seorang pembunuh sebagai hadiahmu.
Kis 22:14  Lalu katanya: Allah nenek moyang kita telah menetapkan engkau untuk mengetahui kehendak-Nya, untuk melihat Yang Benar dan untuk mendengar suara yang keluar dari mulut-Nya.

1Pet 3:18; Sebab juga Kristus telah mati sekali untuk segala dosa kita, Ia yang benar untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia, yang telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi yang telah dibangkitkan menurut Roh,

1Yoh 2:29; 3:7:[3]
 1Yoh 2:29  Jikalau kamu tahu, bahwa Ia adalah benar, kamu harus tahu juga, bahwa setiap orang, yang berbuat kebenaran, lahir dari pada-Nya.
1Yoh 3:7  Anak-anakku, janganlah membiarkan seorangpun menyesatkan kamu. Barangsiapa yang berbuat kebenaran adalah benar, sama seperti Kristus adalah benar;

Lihat juga dalam 1Pet 2:21,22;[4]
1Ptr 2:21  Sebab untuk itulah kamu dipanggil, karena Kristuspun telah menderita untuk kamu dan telah meninggalkan teladan bagimu, supaya kamu mengikuti jejak-Nya.
1Ptr 2:22  Ia tidak berbuat dosa, dan tipu tidak ada dalam mulut-Nya.
1Ptr 1:19  melainkan dengan darah yang mahal, yaitu darah Kristus yang sama seperti darah anak domba yang tak bernoda dan tak bercacat.

2Kor 5:21[5]  Dia yang tidak mengenal dosa telah dibuat-Nya menjadi dosa karena kita, supaya dalam Dia kita dibenarkan oleh Allah  dan ayat-ayat lainnya. Salah satu konsili Gereja paling awal (tahun 451) merumuskan doktrin tentang ketidakberdosaan-Nya demikian: [6] "Manusia sejati, yang memiliki jiwa dan tubuh rasional, dengan intisari seperti kita sewaktu Dia menjadi manusia, dalam segala hal adalah seperti kita, kecuali dia tanpa dosa," dan hal ini tetap tidak berubah serta menjadi doktrin Kristologi Gereja Kristen yang diterima. Apakah Dia tidak dapat berbuat dosa sudah sering kali didiskusikan. Sudah pasti Dia bisa berserah; tetapi faktanya tetap menyatakan Dia tidak berserah pada pencobaan dan berlanjut sampai pada akhir hidup dan menjadi teladan kekudusan dan ketidakberdosaan sempurna keadaan manusia sebelum kejatuhannya. 
Oleh sebab itu, Yesus tidak melakukan dosa karena Ia sebagai Allah sejati & Manusia sejati, Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. (Yohanes 13:13)




[1] Alkitab, Perjanjian Baru, Ibrani
[2] Alkitab, Perjanjian Baru, Kisah Para Rasul
[3] Alkitab, Perjanjian Baru, 1,2 & 3 Yohanes
[4] Alkitab, Perjanjian Baru, 1&2 Petrus
[5] Alkitab, Perjanjian Baru, 2 Korintus
[6]Situs: GoTo Explorer "http://alkitab.sabda.org/article.php?no=218&type=12"


No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...