Sunday, October 22, 2017















SIKAP DAN TINDAKAN
“Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Dan siap sedialah pada segala waktu untuk memberi pertanggungan jawab kepada tiap-tiap orang yang meminta pertanggungan jawab dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu, tetapi haruslah dengan lemah lembut dan hormat, dan dengan hati nurani yang murni, supaya mereka, yang memfitnah kamu karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, menjadi malu karena fitnahan mereka itu”. (TB 1Pe 3:15-16)

Foto Yesaya Penlobang.
Setelah kita melihat beberapa aspek dari pengajaran Alkitab mengenai manusia dan filsafat mereka, sekarang kita akan menaruh perhatian kepada hal-hal yang bersangkut-paut secara lebih langsung kepada praktek berapologetika. Pemikiran-pemikiran yang telah dibahas sejauh ini sangatlah penting sebagai latar belakang untuk membela iman, namun ada hal lain yang perlu dijelaskan yaitu mengenai "bagaimana" dalam melakukan apologetika secara alkitabiah. Pada pelajaran ini kita akan memusatkan perhatian kita pada sikap-sikap dasar dan tindakan yang penting dalam membela iman.
Pada pelajaran yang terdahulu kita melihat bahwa di dalam TB 1Pe 3:15 dinyatakan bahwa mempersiapkan diri untuk pembelaan Injil merupakan tanggung-jawab dari setiap orang Kristen. Kalau kita memperhatikan lebih dalam akan ayat ini maka kita akan melihat bahwa ayat ini juga mengemukakan bahwa kita tidak hanya diperintahkan untuk memberi jawab tetapi kita juga diberikan petunjuk yang bernilai dalam hal bagaimana kita melaksanakan pembelaan itu.
Sehubungan dengan sikap dan tindakan dalam berapologetika Petrus memberikan tiga hal yang perlu diperhatikan.
=Pertama, Petrus mendiskusikan akan kebutuhan metode yang alkitabiah, di mana ia berkata, "Kuduskanlah Kristus sebagai Tuhan" (TB 1Pe 3:15). 
=Kedua, dia menunjuk kepada sikap-sikap yaitu "lembut dan hormat" (TB 1Pe 3:15) pada waktu kita berhadapan dengan orang tidak percaya. 
=Ketiga, dia berbicara mengenai kepentingan akan "hati nurani yang baik" dan "tingkah laku yang baik di dalam Kristus" (TB 1Pe 3:16). Melalui ketiga hal yang dikemukakan oleh Petrus kita dapat melihat bahwa Alkitab berbicara banyak mengenai apologetika dalam hubungan dengan hidup kita, penyampaian kita, dan metode-metode kita.
A. Kehidupan yang Konsisten
B. Pendekatan yang Hati-hati
C. Prosedur yang Benar dan Tepat.

pelajaran "Sabda (Melakukan Segala Pikiran kepada Kristus)"

No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...