Sunday, October 22, 2017

Gaya Hidup Pemuda/I Bangkit:



Gaya Hidup Pemuda/I Bangkit:

oleh:

Yesaya Penlobang

I. Bangkit dari Masa Lalu (1 Yoh 1:9).

a =Mengakui Dosa dan Bertobat (1 Yoh 1:9) “Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan”.b= Ada pengampunan dan penyucian (1 Yoh 1:9b)c = Meresponi Kasih Karunia Allah (Yohanes 3:16) "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal."d= Ada penghapusan Dosa di kayu salib (Filipi 4:13) "Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku."e= Ada kekuatan Baru dari Tuhan.
II. Bangkit untuk Menata Masa Depan. 
a= Mencari Tuhan (Matius 6:33) "Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu."
b= Percaya Kepada Tuhan. (Amsal 3:5-6) "Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu."
c= Hidup Kudus (Mazmur 119:9)"Dengan apakah seorang muda mempertahankan kelakuannya bersih? Dengan menjaganya sesuai dengan firman-Mu."
d= Bersukacita. (Mazmur 118:24) "Inilah hari yang dijadikan TUHAN, marilah kita bersorak-sorak dan bersukacita karenanya!"
e= Meneguhkan hati (Ulangan 31:6) "Kuatkan dan teguhkanlah hatimu, janganlah takut dan jangan gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai engkau; Ia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau."
f= Hati yang gembira (Amsal 17:22) "Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang."
g= Hidup dalam Kasih (Galatia 5:22-23) "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu."
III. Bangkit untuk Merahi/ Memperoleh Pengharapan & Keberhasilan.
a= Ada pengorbanan Yesus (Matius 16:26) "Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya?"
b= Ada Jalan Keselamatan (Yohanes 14:6) "Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku."
c= Ada Kekuatan dan Pertahanan (Amsal 18:10)"Nama TUHAN adalah menara yang kuat, ke sanalah orang benar berlari dan ia menjadi selamat”.
d= Ada Panggilan dalam Melayani (Yer 1: 4-9 “4) Firman TUHAN datang kepadaku, bunyinya:5 "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa."6 Maka aku menjawab: "Ah, Tuhan ALLAH! Sesungguhnya aku tidak pandai berbicara, sebab aku ini masih muda."7 Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: "Janganlah katakan: Aku ini masih muda, tetapi kepada siapapun engkau Kuutus, haruslah engkau pergi, dan apapun yang Kuperintahkan kepadamu, haruslah kausampaikan. 8 Janganlah takut kepada mereka, sebab Aku menyertai engkau untuk melepaskan engkau, demikianlah firman TUHAN." 9 Lalu TUHAN mengulurkan tangan-Nya dan menjamah mulutku; TUHAN berfirman kepadaku: "Sesungguhnya, Aku menaruh perkataan-perkataan-Ku ke dalam mulutmu.
e= Ada Rancangan Damai Sejahtera " Yer 29:11 Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.
• Berseru/Berdoa Yer 29:12 “Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mendengarkan kamu;
• Mencari dengan segenap Hati (Yer 29:13) “ apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati”,
f= Ada keberhasil (Yos 1: 7-9). “7 Hanya, kuatkan dan teguhkanlah hatimu dengan sungguh-sungguh, bertindaklah hati-hati sesuai dengan seluruh hukum yang telah diperintahkan kepadamu oleh hamba-Ku Musa; janganlah menyimpang ke kanan atau ke kiri, supaya engkau beruntung, ke manapun engkau pergi. 8 Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung. 9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."

• Teguhkan Hati (ayat 7a).
• Tidak menyimpang (ayt 7b).
• Beruntung (7c)
• Jangan Lupa Merenungkan FT dan ( ayat 8)
• Memperkatakan siang dan malam 
• Supaya engkau bertindak hati-hati (8)
• demikian perjalananmu akan berhasil
• dan engkau akan beruntung.
• kuatkan dan teguhkanlah hatimu? (ayat 9)
• Janganlah kecut dan tawar hati,
• sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi."

Ayat-ayat lainnya: 

• Yesaya 40:29-31 
• Matius 26:41 
• 2 Timotius 2:22-25 
• 1 Petrus 5:5-9
• Amsal 1:10 .

Amin...

Yesaya Penlobang

No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...