Thursday, August 23, 2018

KASIH SAYANG/BELAS KASIH



KASIH SAYANG/BELAS KASIH

       Kasih sayang atau belas kasih ialah sifat yg terdapat baik pada Allah maupun pada manusia. Dua istilah ini (kasih sayang dan belas kasih) menerjemahkan beberapa kata Ibrani dan Yunani yakni Ibrani khamal dan rakhamim, Yunani eleeo dan oikteiro. Dalam  Est 2:9 dan Ayub 6:14 aslinya ialah khesed (KASIH SETIA) dan dalam Est 2:15 aslinya khen (KASIH KARUNIA). Dalam  1Tes 2:8 aslinya himeromai, yg terdapat hanya dalam ay ini dalam PB. Pengertian kasih sayang ialah ‘belas kasih atasan kepada bawahan, yg sama sekali bawahan itu tidak layak menerimanya’ (Snaith); juga mencakup kasih yg menyala. ‘Allah yg berpribadi itu mempunyai hati’ (Barth). Pemikiran Allah terhadap manusia sehubungan dengan kesalahan manusia ialah kasih karunia: pemikiran-Nya terhadap manusia sehubungan dengan kesengsaraan manusia ialah kasih sayang.
Ø  Para nabi dan abdi Allah sadar akan keajaiban rahmat dan belas kasih Allah terhadap orang berdosa dan orang sengsara. Allah Bapak penuh belas kasih (Pengasih dan Penyayang) (2Kor 1:3; Kel 34:6; Neh 9:17; Mazm 86:15; 103:8-14; Yoel 2:13; Yun 4:2), dan kasih-Nya (eleos) yg besar (Ef 2:4) menyelamatkan kita (Tit 3:5).
Ø  Para nabi mengajarkan, setiap orang yg mengalami belas kasih Allah dalam hidupnya, wajib menunjukkan belas kasih itu kepada orang yg membutuhkannya, terutama ‘anak yatim, janda dan orang asing’, yg berkali-kali disebut bersama-sama ( Ul 10:18; 14:9; 16:11; 24:19; Yer 22:3), orang miskin dan orang malang (Mazm 146:9; Ayub 6:14; Ams 19:17;  Za 7:9;  Mi 6:8), dan terutama dalam Ul, kepada orang asing. Hati Yesus kerap kali tergugah oleh belas kasih, dan Ia menyuruh murid-Nya menunjukkan belas kasih kepada orang lain yg membutuhkan pertolongan mereka.                                                                                                                                                               Belas kasih mereka harus serupa dengan belas kasih-Nya, bukan hanya dalam hal tidak mau memandang orang, tapi dalam hal bertindak dengan pengorbanan diri (1Yoh 3:17). Orang yg murah hati akan beroleh kemurahan (Mat 5:7; bnd  Mat 18:21; Luk 6:36). ‘Murah hati’ di sini menerjemahkan kata yg di tempat lain diterjemahkan kasih sayang atau belas kasih.

No comments:

Post a Comment

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22)

Hidup sebagai anak terang (Efesus 5:1-22) Sebagai anak-anak terang, umat Allah hidup dengan meneladani Allah (ayat 1). Sama seperti Yesus ya...