Pengertian Roh Kudus
Indonesia:
Roh Alkudus (BABA)
Roh Allah (BIS)
Roh Kudus (TB, FAYH,
WBTC, ENDE)
Roh-Soetji (KL1863)
Rohhu-’lkhudus (LDKR)
Rohoe’lkoedoes (KL1870)
Rohu’l-kudus (SB)
Rohulkudus (TL)
Inggris:
Holy Spirit (AV, TEV)
Kata semula ialah "Roh
Kudus" atau "Roh Suci"; oknum Allah yang ketiga dan yang
tidak kelihatan. Roh Allah bekerja melalui pikiran, perasaan dan pribadi
manusia.
Oleh Roh dan Firman-Nya Allah menciptakan
langit dan bumi dan memberi
nafas kepada manusia (Kej 1:2; 2:7; Mazm 33:6; 104:23). Roh Allah
juga menggerakkan orang-orang tertentu: hakim-hakim, raja-raja,
nabi-nabi.
Dalam Perjanjian Baru seringkali disebut: Roh Kudus atau Roh Allah
atau Roh Yesus (Kis 16:7) atau Roh Anak Allah (Gal 4:6) ialah
pelaksana kehendak Allah di bumi. Ia sebagai Penghibur (Penolong)
melanjutkan dan menterapkan karya Keselamatan Yesus
(a.l. Yoh 14:16). Dialah dinamik
pekabaran Injil (Kis 1:8).
Ia memberikan kesaksian Allah dalam hati orang-orang percaya bahwa
mereka anak-anak Allah (Rom 8:15-16).
[PB]
a. dalam kehidupan dan
pengajaran Yesus,
Mat 1:18,20; 3:11,16;
4:1; 12:18,28,31,32; Mr 1:8*;
Luk 1:35; 4:14,18;
10:21; Yoh 1:33; 3:5,6,8,34; 14:17,26; 15:26*;
Luk 16:13; 20:22;
Kis 1:2,5,8*
b. dalam zaman gereja
mula-mula,
Kis 2:1-4,17,18,33,38;
5:3,9,32; 8:15-19,29,39; 9:17,31*;
Kis 10:19,38,44-47;
11:12,15-17,24,28; 13:2,4,9,52; 19:1-7.
c. dalam surat-surat
Paulus,
pasal Rom 8:1-39; 1Kor
12:1-13; pasal Gal 5:1-26
[Kamus Kecil]
KS.- a. Roh Allah, Roh Tuhan
[PL] Kej 1:2; 41:38;
Kel 31:2-3; Bil 24:2; Hak 3:10; 11:29;
1Sam
10:6,10; 2Raj 2:16; Mazm 51:11; Yes 11:2; 61:1;
Yeh 36:27; Yoel 2:28-29; Mi 3:8; Za 4:6.
b. Roh jahat
[PL] umum, 1Sam
16:14-23.
[PB] Mr 1:23,26,27;
3:11; 5:3; 1Kor 7:5; 10:20-21; 1Tim 4:1;
Wahy 9:20; 12:9;
16:13-14; 18:2; 20:2
c. Roh jahat dengan Yesus
[PB] Mat 4:24; 8:16;
28:20; Mr 3:11,23,30; 5:8,13; 7:25;
Mr 9:17,20,25;
Luk 11:14-26.
Topik:
ROH KUDUS (Holy Spirit)
Perjanjian Lama
Kej 1:2; 6:3; 41:38
Kel 31:3
Bil 27:18
Neh 9:20
Ayub 16:19; 32:8; 33:4
Mazm 51:11; 139:7
Yes 11:2; 30:1; 32:15; 40:13; 42:1; 44:3; 48:16;
51:12; 59:19,21;
Yes 61:1; 63:10
Yeh 36:27; 37:14; 39:29
Yoel 2:28
Mi 3:8
Hag
2:5
Za 4:6
Perjanjian Baru
Mat 1:18; 3:11,16; 4:1; 10:20; 12:28; 28:19
Mr 12:36; 13:11
Luk 1:15,35,67; 2:25-27; 11:13; 12:12
Yoh 1:33; 6:63; 7:39; 14:16-17,26; 15:26;
16:7-8,13-14; 20:22
Kis 1:2,5,8,16; 2:2-4,33,38; 4:31; 5:32; 6:5;
7:51; 8:15;
Kis 10:44,47; 11:15-16;
13:2,4,9,52; 15:8,28; 16:6-7; 19:2,6; 20:28
Rom 5:5; 8:9,11,14-16,26-27; 14:17; 15:13,16,30
1Kor 2:4,10-14; 3:16;
6:11,19; 12:3-4,7-11
2Kor 1:22; 3:3,17-18; 13:14
Gal 3:2; 4:6; 5:16-18,22-23
2:18; 3:5; 4:3-4,30; 5:16;
6:17-18
Fili 2:1
1Tes 1:5-6; 4:8; 5:19
2Tes 2:13
1Tim 4:1
2Tim 1:14
Tit 3:5
Ibr 6:4; 9:14; 10:29
1Pet 1:2,11-12; 3:18
2Pet 1:21
1Yoh 3:24; 4:2,13; 5:7
Yud 1:19
Kata Ibrani ruah dan kata Yunani pneuma berarti ‘napas’ atau ‘angin’, dan
diterjemahkan dengan ‘roh’, yang menunjukkan kuasa pemberi kehidupan yang
tak terlihat. Jika digabungkan dengan ‘kudus’, maka kuasa itu dikatakan sebagai
yang ilahi, meskipun kombinasi dua kata tersebut hanya tampak tiga kali dalam
PL (Yes 63:10,11; Mazm 51:9).
Roh dalam Kej 1:2 adalah kuasa
Allah, yang dengan-Nya Allah menciptakan alam semesta. Itu adalah roh yang
menyemarakkan persekutuan dengan pengharapan
masa depan (Yeh 11:14-21) dan yang menghembuskan kehidupan ke dalam tulang-tulang
kering di lembah dalam penglihatan
Yehezkiel (Yeh 37:1-10). Dinubuatkan bahwa era mesianik di masa depan akan
ditandai dengan karunia Roh Allah ke atas semua bangsa, tanpa memandang umur
atau jenis kelamin (Yoel 2:28).
Pembicaraan mengenai Roh Kudus
dalam Injil-injil Sinoptik hanya sedikit, kecuali pada saat kelahiran Yesus
(Mat, Yoel 1:18; Luk 1:35) dan pembaptisan-Nya (Mr 1:8). Dikatakan bahwa Roh
bekerja dalam pelayanan Yesus melawan kuasa-kuasa jahat (Mat 12:28). Sedikitnya
petunjuk tentang Roh Kudus mungkin karena adanya keyakinan bahwa karya Roh
Kudus baru terlihat setelah kebangkitan Yesus (Yoh 7:39).
Dikatakan bahwa setelah kebangkitan,
Roh Kudus akan menjadi penopang semangat misioner jemaat (Kis 1:8), sebagaimana
dijanjikan Yesus (Luk 24:49). 50 hari setelah Paskah (Kis 2:1), atau pada malam
Paskah (Yoh 20:22) Roh Kudus turun, Dia adalah Roh Kristus (Rom 8:4;2Kor 3:18).
Paulus tidak menyamakan Yesus dengan Roh Kudus. Juga tidak dalam 2Kor 3:17, di
sana terdapat kesamaan fungsi dalam karya penebusan.
Roh bekerja melalui Gereja, dan Kisah Para Rasul merupakan cerita panjang lebar
mengenai pimpinan Roh atas para rasul dan para pemberita Injil. Dalam Injil
Yohanes lima kali Roh itu disebut sebagai ‘paraklete’, yang berarti ‘pembela’.
Ia hadir untuk memperdalam pengertian para murid mengenai kebenaran Kristus.
Sebagaimana Roh memenuhi jemaat (Ef 4:4), Ia juga adalah kuasa yang membimbing
orang beriman secara individual dan mengaruniakan berbagai karunia kepada
mereka untuk melayani seluruh persekutuan (1Kor 12:7), jangan dikacaukan dengan
roh-roh jahat (Rom 8:5) yang menimbulkan perselisihan (1Tim 4:1). Karena itu,
roh’ dipertentangkan dengan ‘daging’, yang berturut-turut merupakan sifat
kehidupan zaman baru dan kehidupan lama.
Dalam teologi Kristen kemudian
hari, Roh Kudus adalah pribadi ketiga Trinitas
— dalam PB bukanlah doktrin yang dapat dilihat secara eksplisit. Namun,
dipertahankan bahwa para penulis PB memberi jalan bagi apa yang pada waktunya
didefinisikan oleh Bapa-bapa Gereja, yang hidup dalam iklim filsafat Yunani.
Mereka menggunakan terminologi zamannya untuk menarik implikasi-implikasi
metafisik dari data PB.
Supaya orang-orang Kristen mengerti dengan benar bahwa Roh Kudus itu adalah Allah berdasarkan Firman-Nya Dalam Alkitab. Pendahuluan: Sampai disini kita harus makin waspada agar jangan sampai terjebak dalam pemikiran, siapakah yang lebih besar atau siapakah yang lebih berkuasa, di antara Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus), Allah Roh Kudus. Harus kita ketahui bahwa ketiga Pribadi dalam Tritunggal itu adalah sama, dan setara. Dikatakan bahwa tidak ada yang lebih dahulu dan yang terlebih kemudian. Tritunggal ada bersama-sama sejak kekal. Roh Kudus adalah Pribadi sendiri. Dia bukan sekedar kuasa Allah. Dia merupakan Pribadi tersendiri dari Allah.
I. Bukti Roh Kudus adalah Allah
1. Roh Kudus memiliki nama-nama Ilahi.
a. Ia disebut Roh Allah (Kor 6:11).
b. Ia disebut Roh Kristus (Roma 8:9).
c. Ia disebut Roh yang Kekal (Ibr 9:14).
d. Ia disebut Roh Kebenaran (Yoh 16:13).
e. Ia disebut Roh Kemuliaan (I Petrus 4:14).
f. Ia disebut Roh Kekudusan (Roma 1:4).
Nama-nama ini menunjukan bahwa Ia melakukan apa yang hanya dapat diperbuat oleh Allah saja. (Roma 8:15).
2. Roh Kudus disertakan dengan Allah Bapa, maupun Yesus Kristus (Mat 28:19; 2 Kor 13:13).
3. Roh Kudus memiliki sifat-sifat Ilahi.
a. Roh Kudus Mahatahu (1Kor 2:10-11).
b. Roh Kudus Mahahadir (Mzm 139:7).
c. Roh Kudus Mahakuasa (Kish 1:2).
d. Roh Kudus Memberi Hidup (Rm 8:2).
e. Roh Kudus Sumber Hikmat (Yes 40:13).
f. Roh Kudus Kekal (Ibr 9:14). Sifat ini hanya dimiliki oleh Allah saja.
4. Roh Kudus mengerjakan pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh Allah.
a. Roh Kudus bekerja dalam penciptaan alam semesta (Kej 1:12).
b. Roh Kudus menilhamkan Firman Allah (2 Pet 1:21). c. Roh Kudus mengandungkan Kristus melalui perawan Maria (Luk 1:35).
d. Roh Kudus meyakinkan Orang-orang percaya (Yoh 16:8).
e. Roh Kudus Melahirkan Kembali seseorang secara rohani hingga menjadi Kudus (Yoh 3:5-6).
f. Roh Kudus memberi Penghiburan (Yoh 14:26).
g. Roh Kudus menyucikan /menguduskan (2 Tes 2;13).
II. Penutup
Roh Kudus adalah Allah sebagaimana dibuktikan nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya.dan Karya-karya-Nya. Amin
III. Keputakaan
a. Alkitab LAI
b.D. F. Walker, Konkordansi Alkitab, (Jakarta: BPK Gunung Mulia)), 2003.
c. See ID_ENSIKLOPEDI_ALKITAB ROH KUDUS
No comments:
Post a Comment