Thursday, June 6, 2019

ROH KUDUS Pengertian dan Tujuannya

ROH KUDUS 

Pengertian Roh Kudus
Indonesia:
          Roh Alkudus (BABA)
          Roh Allah (BIS)
          Roh Kudus (TB, FAYH, WBTC, ENDE)
          Roh-Soetji (KL1863)
          Rohhu-’lkhudus (LDKR)
          Rohoe’lkoedoes (KL1870)
          Rohu’l-kudus (SB)
          Rohulkudus (TL)
 Inggris:
          Holy Spirit (AV, TEV)
Kata semula ialah "Roh Kudus" atau "Roh Suci"; oknum Allah yang ketiga dan yang tidak kelihatan. Roh Allah bekerja melalui pikiran, perasaan dan pribadi manusia.
Oleh Roh dan Firman-Nya Allah menciptakan langit dan bumi dan memberi
       nafas kepada manusia (Kej 1:2; 2:7; Mazm 33:6; 104:23). Roh Allah
       juga menggerakkan orang-orang tertentu: hakim-hakim, raja-raja, nabi-nabi.
       Dalam Perjanjian Baru seringkali disebut: Roh Kudus atau Roh Allah
       atau Roh Yesus (Kis 16:7) atau Roh Anak Allah (Gal 4:6) ialah
       pelaksana kehendak Allah di bumi. Ia sebagai Penghibur (Penolong)
       melanjutkan dan menterapkan karya Keselamatan Yesus
       (a.l. Yoh 14:16).  Dialah dinamik pekabaran Injil (Kis 1:8).
       Ia memberikan kesaksian Allah dalam hati orang-orang percaya bahwa
       mereka anak-anak Allah (Rom 8:15-16).

 [PB]
       a. dalam kehidupan dan pengajaran Yesus,
          Mat 1:18,20; 3:11,16; 4:1; 12:18,28,31,32; Mr 1:8*;
Luk 1:35; 4:14,18; 10:21; Yoh 1:33; 3:5,6,8,34; 14:17,26; 15:26*;
Luk 16:13; 20:22; Kis 1:2,5,8*
       b. dalam zaman gereja mula-mula,
          Kis 2:1-4,17,18,33,38; 5:3,9,32; 8:15-19,29,39; 9:17,31*;
          Kis 10:19,38,44-47; 11:12,15-17,24,28; 13:2,4,9,52; 19:1-7.
       c. dalam surat-surat Paulus,
          pasal Rom 8:1-39; 1Kor 12:1-13; pasal Gal 5:1-26

 [Kamus Kecil]
  KS.- a. Roh Allah, Roh Tuhan
          [PL] Kej 1:2; 41:38; Kel 31:2-3; Bil 24:2; Hak 3:10; 11:29;
                 1Sam 10:6,10; 2Raj 2:16; Mazm 51:11; Yes 11:2; 61:1;
                 Yeh 36:27; Yoel 2:28-29; Mi 3:8; Za 4:6.
       b. Roh jahat
          [PL] umum, 1Sam 16:14-23.
          [PB] Mr 1:23,26,27; 3:11; 5:3; 1Kor 7:5; 10:20-21; 1Tim 4:1;
                Wahy 9:20; 12:9; 16:13-14; 18:2; 20:2
       c. Roh jahat dengan Yesus
          [PB] Mat 4:24; 8:16; 28:20; Mr 3:11,23,30; 5:8,13; 7:25;
                Mr 9:17,20,25; Luk 11:14-26.

 Topik:
 ROH KUDUS (Holy Spirit)
 Perjanjian Lama
    Kej  1:2; 6:3; 41:38
    Kel  31:3
    Bil  27:18
    Neh  9:20
    Ayub 16:19; 32:8; 33:4
    Mazm 51:11; 139:7
    Yes  11:2; 30:1; 32:15; 40:13; 42:1; 44:3; 48:16; 51:12; 59:19,21;
    Yes 61:1; 63:10
    Yeh  36:27; 37:14; 39:29
    Yoel 2:28
    Mi    3:8
    Hag  2:5
    Za    4:6
 Perjanjian Baru
    Mat  1:18; 3:11,16; 4:1; 10:20; 12:28; 28:19
    Mr    12:36; 13:11
    Luk  1:15,35,67; 2:25-27; 11:13; 12:12
    Yoh  1:33; 6:63; 7:39; 14:16-17,26; 15:26; 16:7-8,13-14; 20:22
    Kis  1:2,5,8,16; 2:2-4,33,38; 4:31; 5:32; 6:5; 7:51; 8:15;
    Kis 10:44,47; 11:15-16; 13:2,4,9,52; 15:8,28; 16:6-7; 19:2,6; 20:28
    Rom  5:5; 8:9,11,14-16,26-27; 14:17; 15:13,16,30
    1Kor 2:4,10-14; 3:16; 6:11,19; 12:3-4,7-11
    2Kor 1:22; 3:3,17-18; 13:14
    Gal  3:2; 4:6; 5:16-18,22-23
    2:18; 3:5; 4:3-4,30; 5:16; 6:17-18
    Fili 2:1
    1Tes 1:5-6; 4:8; 5:19
    2Tes 2:13
    1Tim 4:1
    2Tim 1:14
    Tit  3:5
    Ibr  6:4; 9:14; 10:29
    1Pet 1:2,11-12; 3:18
    2Pet 1:21
    1Yoh 3:24; 4:2,13; 5:7
    Yud  1:19

 Kata Ibrani ruah dan kata Yunani pneuma berarti ‘napas’ atau ‘angin’, dan diterjemahkan dengan ‘roh’, yang menunjukkan kuasa pemberi kehidupan yang tak terlihat. Jika digabungkan dengan ‘kudus’, maka kuasa itu dikatakan sebagai yang ilahi, meskipun kombinasi dua kata tersebut hanya tampak tiga kali dalam PL (Yes 63:10,11; Mazm 51:9).

 Roh dalam Kej 1:2 adalah kuasa Allah, yang dengan-Nya Allah menciptakan alam semesta. Itu adalah roh yang menyemarakkan persekutuan dengan pengharapan masa depan (Yeh 11:14-21) dan yang menghembuskan kehidupan ke dalam tulang-tulang kering di lembah dalam penglihatan Yehezkiel (Yeh 37:1-10). Dinubuatkan bahwa era mesianik di masa depan akan ditandai dengan karunia Roh Allah ke atas semua bangsa, tanpa memandang umur atau jenis kelamin (Yoel 2:28).

 Pembicaraan mengenai Roh Kudus dalam Injil-injil Sinoptik hanya sedikit, kecuali pada saat kelahiran Yesus (Mat, Yoel 1:18; Luk 1:35) dan pembaptisan-Nya (Mr 1:8). Dikatakan bahwa Roh bekerja dalam pelayanan Yesus melawan kuasa-kuasa jahat (Mat 12:28). Sedikitnya petunjuk tentang Roh Kudus mungkin karena adanya keyakinan bahwa karya Roh Kudus baru terlihat setelah kebangkitan Yesus (Yoh 7:39).

 Dikatakan bahwa setelah kebangkitan, Roh Kudus akan menjadi penopang semangat misioner jemaat (Kis 1:8), sebagaimana dijanjikan Yesus (Luk 24:49). 50 hari setelah Paskah (Kis 2:1), atau pada malam Paskah (Yoh 20:22) Roh Kudus turun, Dia adalah Roh Kristus (Rom 8:4;2Kor 3:18). Paulus tidak menyamakan Yesus dengan Roh Kudus. Juga tidak dalam 2Kor 3:17, di sana terdapat kesamaan fungsi dalam karya penebusan. Roh bekerja melalui Gereja, dan Kisah Para Rasul merupakan cerita panjang lebar mengenai pimpinan Roh atas para rasul dan para pemberita Injil. Dalam Injil Yohanes lima kali Roh itu disebut sebagai ‘paraklete’, yang berarti ‘pembela’. Ia hadir untuk memperdalam pengertian para murid mengenai kebenaran Kristus. Sebagaimana Roh memenuhi jemaat (Ef 4:4), Ia juga adalah kuasa yang membimbing orang beriman secara individual dan mengaruniakan berbagai karunia kepada mereka untuk melayani seluruh persekutuan (1Kor 12:7), jangan dikacaukan dengan roh-roh jahat (Rom 8:5) yang menimbulkan perselisihan (1Tim 4:1). Karena itu, roh’ dipertentangkan dengan ‘daging’, yang berturut-turut merupakan sifat kehidupan zaman baru dan kehidupan lama.

 Dalam teologi Kristen kemudian hari, Roh Kudus adalah pribadi ketiga Trinitas — dalam PB bukanlah doktrin yang dapat dilihat secara eksplisit. Namun, dipertahankan bahwa para penulis PB memberi jalan bagi apa yang pada waktunya didefinisikan oleh Bapa-bapa Gereja, yang hidup dalam iklim filsafat Yunani. Mereka menggunakan terminologi zamannya untuk menarik implikasi-implikasi metafisik dari data PB.

Tujuan Roh Kudus: 
Supaya orang-orang Kristen mengerti dengan benar bahwa Roh Kudus itu adalah Allah berdasarkan Firman-Nya Dalam Alkitab. Pendahuluan: Sampai disini kita harus makin waspada agar jangan sampai terjebak dalam pemikiran, siapakah yang lebih besar atau siapakah yang lebih berkuasa, di antara Allah Bapa, Allah Anak (Yesus Kristus), Allah Roh Kudus. Harus kita ketahui bahwa ketiga Pribadi dalam Tritunggal itu adalah sama, dan setara. Dikatakan bahwa tidak ada yang lebih dahulu dan yang terlebih kemudian. Tritunggal ada bersama-sama sejak kekal. Roh Kudus adalah Pribadi sendiri. Dia bukan sekedar kuasa Allah. Dia merupakan Pribadi tersendiri dari Allah. 
 I. Bukti Roh Kudus adalah Allah 
1. Roh Kudus memiliki nama-nama Ilahi. 
a. Ia disebut Roh Allah (Kor 6:11). 
b. Ia disebut Roh Kristus (Roma 8:9). 
c. Ia disebut Roh yang Kekal (Ibr 9:14). 
d. Ia disebut Roh Kebenaran (Yoh 16:13).
e. Ia disebut Roh Kemuliaan (I Petrus 4:14). 
f. Ia disebut Roh Kekudusan (Roma 1:4). 
Nama-nama ini menunjukan bahwa Ia melakukan apa yang hanya dapat diperbuat oleh Allah saja. (Roma 8:15). 
2. Roh Kudus disertakan dengan Allah Bapa, maupun Yesus Kristus (Mat 28:19; 2 Kor 13:13). 
3. Roh Kudus memiliki sifat-sifat Ilahi. 
a. Roh Kudus Mahatahu (1Kor 2:10-11).
b. Roh Kudus Mahahadir (Mzm 139:7). 
c. Roh Kudus Mahakuasa (Kish 1:2). 
d. Roh Kudus Memberi Hidup (Rm 8:2). 
e. Roh Kudus Sumber Hikmat (Yes 40:13).
f. Roh Kudus Kekal (Ibr 9:14). Sifat ini hanya dimiliki oleh Allah saja. 
4. Roh Kudus mengerjakan pekerjaan yang hanya dapat dilakukan oleh Allah. 
a. Roh Kudus bekerja dalam penciptaan alam semesta (Kej 1:12). 
b. Roh Kudus menilhamkan Firman Allah (2 Pet 1:21). c. Roh Kudus mengandungkan Kristus melalui perawan Maria (Luk 1:35). 
d. Roh Kudus meyakinkan Orang-orang percaya (Yoh 16:8). 
e. Roh Kudus Melahirkan Kembali seseorang secara rohani hingga menjadi Kudus (Yoh 3:5-6). 
f. Roh Kudus memberi Penghiburan (Yoh 14:26). 
g. Roh Kudus menyucikan /menguduskan (2 Tes 2;13). 
II. Penutup 
Roh Kudus adalah Allah sebagaimana dibuktikan nama-nama-Nya, sifat-sifat-Nya.dan Karya-karya-Nya. Amin
III. Keputakaan 
a. Alkitab LAI
b.D. F. Walker, Konkordansi Alkitab, (Jakarta: BPK Gunung Mulia)), 2003.
c. See ID_ENSIKLOPEDI_ALKITAB ROH KUDUS




No comments:

Post a Comment

Allah memperhatikan penderitaan umat

  Allah memperhatikan penderitaan umat (Keluaran 2:23-3:10) Ketika menderita, kadang kita menganggap bahwa Allah tidak peduli pada penderita...